Soloraya
Jumat, 3 Juni 2016 - 09:36 WIB

LEBARAN 2016 : Awas, 4 Jalur Rawan Kecelakaan di Karanganyar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016, Pemkab memetakan empat jalur rawan kecelakaan.

Solopos.com, KARANGANYAR–Sedikitnya empat jalur di wilayah Kabupaten Karanganyar teridentifikasi rawan kecelakaan lalu lintas selama kedatangan arus mudik Lebaran tahun 2016.

Advertisement

Keempat jalur tersebut jalan Solo-Purwodadi, jalan Solo-Sragen, jalan Adisucipto, dan jalur-jalur menuju objek wisata di Kecamatan Tawangmangu, Ngargoyoso, dan Matesih.

Sedangkan titik rawan kemacetan di Perempatan Colomadu, Perempatan Kebakkramat, dan jalur-jalur menuju kawasan wisata di Tawangmangu, Ngargoyoso, dan Matesih.

Advertisement

Sedangkan titik rawan kemacetan di Perempatan Colomadu, Perempatan Kebakkramat, dan jalur-jalur menuju kawasan wisata di Tawangmangu, Ngargoyoso, dan Matesih.

Informasi tersebut diungkap saat Rapat Koordinasi (Rakor) Menyambut Ramadan dan Lebaran 2016 di Aula Rumah Dinas (Rumdin) Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar, Rabu (1/6/2016).

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi, mengimbau para pemudik dan pengguna jalan ekstra hati-hati selama masa mudik Lebaran. “Utamakan keselamatan,” seru dia.

Advertisement

Di sisi lain, Pemkab menyediakan 16 bus untuk menjemput pemudik asal Karanganyar. Bus-bus tersebut akan disiagakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Kamis (30/6/2016). Kegiatan mudik gratis tersebut telah berlangsung rutin beberapa tahun terakhir.

“Seperti tahun sebelumnya, Pemkab menyediakan 16 armada bus untuk menjemput pemudik,” kata dia.

Sedangkan Kabid Pengendalian dan Operasional Dishubkominfo Karanganyar, Joko Mulyono, mengatakan sarpras penunjang kelancaran dan kenyamanan pemudik segera dipasang.

Advertisement

Selain penambahan rambu lalu lintas, marka jalan yang sudah luntur akan dicat ulang. Pengecatan marka jalan sepanjang 900 meter tersebut ditargetkan rampung dua pekan sebelum Lebaran.

Sedangkan untuk papan penunjuk arah ada 12 papan yang segera dipasang. “Papan tambahan penunjuk arah akan kami pasang di jalur alternatif Grompol-Batu Jamus,” tutur dia.

Sementara untuk pengawasan terminal, menurut Joko, akan difokuskan di Terminal Tegalgede, Terminal Karangpandan, Terminal Tawangmangu, dan Terminal Matesih.

Advertisement

Untuk membantu penjagaan di pos pelayanan terpadu akan dikerahkan sekitar 30 personel. Pos penjagaan akan dipasang Bejen, Karangpandan, Palur, dan Tawangmangu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif