Teknologi
Jumat, 3 Juni 2016 - 08:54 WIB

APLIKASI OPERA : Opera Max Bikin Smartphone Samsung Hemat data

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Opera Max Samsung (Liputan6.com)

Aplikasi Opera Max membuat smartphone Samsung menjadi hemat data Internet.

Solopos.com, JAKARTA — Aplikasi Opera dan Institut Penelitian dan Pengembangan Samsung Indonesia menjalin kerja sama strategis untuk menciptakan fitur ultra data saving (UDS).

Advertisement

Seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (2/6/2016), pengguna smartphone Samsung Galaxy J3, Galaxy J5, dan Galaxy J7 kini dapat menikmati lebih banyak data Internet dan beragam layanan daring, misalnya video streaming di Youtube secara lebih cepat.

Fitur UDS mengadopsi teknologi penghematan data unik dari Opera Max. Fitur ini menekan konsumsi data pada gambar, halaman web, video, dan suara, terutama pada aplikasi yang didominasi gambar atau video, seperti Instagram, Youtube, Netflix, dan Flipboard.

Berdasarkan jajak pendapat yang digelar oleh Opera, 43% pengguna smartphone Android di Indonesia menunjukkan mereka tidak dapat menggunakan Internet sesuai kebutuhan karena keterbatasan paket data.

Advertisement

Fitur UDS menghapus kekhawatiran pengguna mengenai penggunaan data Internet berlebihan. Caranya, fitur ini menutup penggunaan data oleh aplikasi-aplikasi tertentu, sekaligus mengoptimalkan penggunaan data di semua aplikasi.

Pengguna juga dapat melihat tinjauan awal agar lebih mudah menelusuri jumlah data yang telah dikonsumsi dan dihemat, sehingga mereka mendapat pengalaman penggunaan data Internet lebih baik. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat melakukan klik pada tombol UDS di bagian Pengaturan.

SVP Products Opera, Nitin Bhandari, terus berupaya meningkatkan pengalaman penggunaan smartphone di Indonesia. Dengan fitur UDS, pengguna dapat dengan mudah melihat catatan penggunaan data Internet. Kini, mereka punya kendali lebih besar terhadap pemakaian mobile data.

Advertisement

Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia Denny Galant, memaparkan, Fitur UDS yang didukung oleh Opera Max menyediakan lebih dari 50% penghematan data dan menyisakan RAM hingga 11%, yang tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna mobile Internet di Indonesia.

Seperti dilansir Okezone, Kamis, Beauty Vlogger Rachel Goddard sebagai salah satu pengguna Galaxy J3 2016 mengatakan fitur hemat data Opera Max sangat membantu pekerjaannya. “Fitur UDS pada Samsung Galaxy J3 menjadi jawaban akan kebutuhan saya. UDS berhasil menghemat pemakaian data saya hingga 50%,” ujarnya.

Saat ditanya ketersediaannya, UDS ini akan dihadirkan ke seri Samsung lainnya di masa depan. Sekadar informasi, Galaxy J3 2016 mengusung layar 4 inci berteknologi HD Super Amoled yang dibanderol Rp2,39 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif