Lifestyle
Kamis, 2 Juni 2016 - 05:00 WIB

SERBA-SERBI RAMADAN : Sederet Manfaat Puasa Ramadan untuk Kesehatan Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa (Bonappetit.com)

Serba-serbi Ramadan membahas hal-hal seputar ibadah puasa.

Solopos.com, SOLO — Umat Muslim di dunia akan melaksanakan ibadah puasa Juni 2016 ini. Agar lebih khusyuk saat berpuasa, ada baiknya Anda mengetahui manfaat di balik ibadah puasa dalam sebulan penuh ini.

Advertisement

Sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Yahoo, Rabu (1/6/2016), ibadah puasa bisa mencegah kebiasaan tidak sehat seseorang, mengatur nafsu makan seseorang, dan mengoptimalkan sistem metabolisme seseorang.

Mengatur Nafsu Makan

Ketika seseorang berpuasa, tubuh akan memiliki ritme makan berbeda. Selama satu bulan berpuasa inilah, tubuh akan terbiasa dengan ritme makan berporsi kecil. Kebiasaan berpuasa inilah, yang kemungkinan besar bisa mengendalikan nafsu makan Anda, dengan porsi proporsional saat Ramadan berlalu.

Advertisement

Perlu pula Anda ketahui, ketika berpuasa lemak pada perut seseorang juga akan berkurang, sehingga berat badan bisa turun secara bertahap.

Metabolisme Tubuh Bekerja Optimal

Kebiasaan berpuasa bisa membuat metabolisme tubuh bekerja secara optimal, sehingga nutrisi makanan bisa terserap sempurna.

Advertisement

Ada peningkatan hormon adiponectin, yang membuat penyerapan nutrisi pada otot-otot tubuh bekerja maksimal.

Cegah Kebiasaan Tak Sehat

Saat berpuasa, secara otomatis seseorang akan mengontrol kebiasaan buruknya, seperti merokok dan berlebihan saat makan. Kebiasaan ini tentu membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik, terlebih bila terus dilakukan setelah Ramadan selesai.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif