Jogja
Kamis, 2 Juni 2016 - 06:55 WIB

PROSTITUSI BANTUL : Dua Mucikari Tertangkap, WhatsApp Dipakai Sebagai Media Transaksi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Prostitusi Bantul menggunakan media sosial.

Harianjogja.com, BANTUL– Kepolisian Bantul menangkap dua mucikari yang diduga terlibat kasus perdagangan manusia atau trafficking melalui bisnis prostitusi. Media sosial WhatsApp menjadi alat komunikasi efektif untuk menjalankan bisnis prostitusi tersebut.

Advertisement

Maya dan Yayuk menawarkan jasa prostitusi melalui pesan singkat maupun media sosial WhatsApp ke pelanggan. Mereka juga menggaet pelanggan lewat promosi dari mulut ke mulut. Sejauh ini kata dia, keduanya belum ditemukan membuka lapak prostitusi melalui online. Setiap pelanggan yang hendak menggunakan jasa anak buah Yayuk dan Maya, terlebih dahulu akan mendapat kiriman foto korban atau pekerja seks tersebut melalui WhatsApp.

“Misalnya dikirim fotonya, usianya. Cocok atau enggak harganya. Komunikasinya lewat WhatsApp,” papar dia.

Antara Maya dan Yayuk saling berkomunikasi untuk bertukar tenaga kerja. “Misalnya kalau anak buahnya YK [Yayuk] kerja semua, lalu kalau ada pelanggan lagi minta ke MY,” jelasnya lagi.  Para pekerja seks berusia 19 hingga 23 tahun itu mendapat bayaran senilai Rp250.000 hingga Rp400.000 sekali bekerja melayani pelanggan. Sedangkan Maya dan Yayuk yang mengatur bisnis prostitusi mendapat bagian sebesar 35% hingga 40% dari total pendapatan.

Advertisement

Kebanyakan korban yang dipekerjakan dua mucikari tersebut kata Anggaito sudah putus sekolah. “Ada yang tamat SMP, ada yang sempat mengenyam SMA tapi tidak tamat. Tidak ada yang mahasiswa,” lanjutnya lagi.

Polisi menjerat keduanya dengan Undang-undang Tindak Pidana Perdagangan Orang serta Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman minimal tiga tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara atau denda minimal Rp160 juta dan maksimal Rp600 juta.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif