Jogja
Kamis, 2 Juni 2016 - 09:20 WIB

PEMKAB KULONPROGO : Adisutjipto Padat, Antrian di Toilet pun Menumpuk

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bandara Adisutjipto (dok Harian Jogja)

Pemkab Kulonprogo mengembangkan pariwisata dan NYIA

Harianjogja.com, KULONPROGO –– Kulonprogo bersiap mengembangkan potensi pariwisata daerah salah satunya dengan keberadaan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Tahun ini investasi di Kulonprogo mencapai nilai Rp1,04triliun.

Advertisement

Pangsa pasar pariwisata lokal sangat besar terbukti dengan tingginya mobilitas di bandara Adi Sucipto saat ini. Kapasitas terminal bandara Adi Sucipto dirancang mampu menampung 1,2juta penumpang per tahun. Namun, penumpang pada akhir tahun 2015 mencapai 6,3juta. Selain itu, kapasitas area parkir pesawat hanya mampu menampung 8 pesawat sehingga terjadi antrian dan keterlambatan pesawat.

“Di Adi Sucipto, bahkan ke toilet pun antre panjang karena padatnya,”ujar A. Tony Prasetiantono, Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (1/5/2016)

Karena itu, menurutnya bandara NYIA harus segera direalisasikan untuk menampung perkembangan Jogja. Ia juga menjelaskan bandara sekaligus sebagai wajah suatu daerah. Jogja sebagai target pariwisata oleh wisatawan mancanegara perlu bandara yang lebih memadai baik dari segi kapabiltas maupun imej.

Advertisement

Tony juga mengatakan keberadaan bandara pasti akan mengangkat perekonomian warga sekitar. Namun, penolakan yang kini muncul disebabkan karena kurangnya persepsi sehingga masyarakat belum mendapatkan jelas. Ia menilai mungkin Gubernur DIY perlu turun langsung untuk memberikan pemahaman pada masyarakat.

Namun, Kulonprogo diminta untuk tanggap menangkap potensi yang muncul dengan keberadaan bandara. Aspek tradisional dan modern harus dipadukan agar semua diuntungkan. Terlebih lagi, Jogja merupakan daerah yang kental dengan budaya lokal yang juga haris dimanfaatkan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif