News
Kamis, 2 Juni 2016 - 12:19 WIB

PABRIK GE LIGHTING TUTUP : Pabrik Lampu GE Lighting di Sleman Tutup

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia)

Pabrik GE Lighting di Sleman tutup

Harianjogja.com, SLEMAN- General Electric (GE) Lighting akan menutup fasilitas produksi lampu di Yogyakarta pada akhir kuartal II/2016 dikarenakan menurunnya volume produksi pabrik akibat peralihan permintaan konsumen

Advertisement

Corporate Communications Leader GE Indonesia Ariavita Purnamasari mengatakan kapasitas produksi pabrik hanya mencapai 25% dari kapasitas total, akibat beralihnya permintaan pelanggan.

“Ya, produksi akan berakhir akhir Juni, kami telah menginformasikan kepada para pengurus serikat pekerja di pabrik Yogyakarta,” tuturnya kepada Bisnis Indonesia melalui pernyataan tertulis, Rabu (1/6/2016).

Fasilitas produksi GE Lighting di Jogja memproduksi lampu seperti, lampu linear fluorescent (LFL), lampu fluorescent com pact (FCL), serta energy efficient softwhite (EESW). Peralihan permintaan konsumen, menurutnya, mengarah pada produk-produk lampu yang lebih hemat energi, tahan lama serta hemat biaya operasional dan perawatan.

Advertisement

Selama ini, GE Lighting telah menanam investasi lebih dari US$470.000 di pabrik yang berlokasi di jalan Magelang, Sleman itu selama beberapa tahun terakhir untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dia menambahkan penutupan pabrik ini tidak akan mengubah kegiatan operasional GE Lighting dan komitmen jangka panjang perusahaan di Asia dan Indonesia.

“Ini adalah keputusan yang sulit dan kami menanganinya dengan sangat serius. Kami akan terus melayani para pelanggan dengan solusi dan layanan berkualitas tinggi,” tambahnya.

PT GE Lighting Indonesia terletak di Sleman dengan tenaga kerja lebih dari 400 karyawan. Perusahaan memastikan para karyawan yang terkena dampak dari penutupan pabrik ini akan mendapatkan kompensasi.

Advertisement

Data dari website resmi GE Lighting menyebutkan, pabrik lampu pijar hingga ultra violet ini, awal mulanya didirikan oleh Sinar Baru Electric (Sibalec) pada 1986.

Kemudian pada 1996, Sibalec dan GE melakukan kerja sama dengan kepemilikan masing–masing 13% : 87%, dan diakuisisi penuh pada 2002.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif