Otomotif
Kamis, 2 Juni 2016 - 00:00 WIB

MOBIL KIA : Picanto Morning Indonesia Tak Lolos Uji Tabrak

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hasil uji tabrak Kia Picanto Morning. (Aseancap.org)

Mobil Kia Picanto Morning dinyatakan tidak aman oleh ASEAN NCAP.

Solopos.com, KUALA LUMPUR Mobil Kia Picanto Morning telah menjalani serangkaian uji tabrak oleh lembaga penguji fitur keselamatan mobil wilayah Asia Tenggara (ASEAN NCAP). Hasilnya, city car itu dinyatakan tidak aman.

Advertisement

Seperti dilansir laman Aseancap, Rabu (1/6/2016), dari skor maksimum lima bintang, mobil Kia Picanto Morning mendapat nol pada uji tabrak untuk keamanan penumpang dewasa (adult occupation protection/AOP). Poin yang ditorehkan hanya 1,48 dari poin maksimum 16,00.

Sementara untuk perlindungan anak-anak di kursi belakang (child occupacion protection/COP), skor yang diperoleh adalah satu bintang dengan persentase kemungkinan selamat apabila terjadi kecelakaan hanya 2,7 persen.

Buruknya skor yang diperoleh Kia Picanto Morning lantaran mobil mungil itu tidak dilengkapi fitur keselamatan minimum seperti airbag, pengingat sabuk pengaman, rem ABS, dan electronic stability control (ESC).

Advertisement

Lembaga yang bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia itu juga memberi catatan bahwa struktur bodi Picanto Morning kurang stabil.Terbukti dari beberapa mobil serupa yang diuji ASEAN NCAP, hanya mobil merek Korea Selatan itu yang mengalami pintu depan terbuka ketika momen tabrakan terjadi.

Oleh ASEAN NCAP, uji tabrak mobil Kia Picanto Morning dilakukan 14 April lalu dengan unit yang didatangkan dari Indonesia. Hasil yang sama juga ditorehkan oleh saudara kembarnya namun beda merek, yakni Hyundai EON yang dipasarkan di Filipina.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif