Teknologi
Kamis, 2 Juni 2016 - 06:47 WIB

MEDIA SOSIAL TERPOPULER : Jokowi Pemimpin Paling Aktif di Twitter

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Youtube Jokowi (Facebook)

Media sosial terpopuler Twitter sering digunakan Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA — Twitter menjadi media sosial terpopuler selain Facebook yang dianggap paling efektif untuk mencuri perhatian publik.

Advertisement

Seperti dikutip dari Okezone, Kamis (2/6/2016), selain karena jumlah penggunanya yang cukup banyak, kehadiran fitur hashtag (#) memberikan kepopuleran melalui trending topic-nya.

Berdasarkan kajian di Twiplomacy yang merupakan survei global tahunan dari firma komunikasi internasional Burson-Masteller, Twitter merupakan media sosial terpopuler yang paling banyak digunakan oleh pemimpin dunia yang terdiri dari 173 negara.

Dari jumlah tersebut, 90% di antaranya berasal dari negara-negara anggota perserikatan bangsa-bangsa (PBB). Beberapa pemimpin dunia yang aktif dan sukses berselancar di dunia microblogging tersebut di antaranya Barack Obama (Amerika Serikat), Mauricio Macri (Argentina), dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Advertisement

Sementara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dinilai menjadi salah satu pemimpin dunia berasal dari Indonesia yang masuk dalam jajaran pemimpin dunia paling efektif di media sosial terpopuler Twitter.

Melalui akun twitter @jokowi mendapatkan pengikut di media sosial terpopuler Twitter sebanyak 5,08 juta pada awal bulan ini. Sementara dari jumlah retweet, Jokowi membukukan rata-rata retweet sebanyak 1.244 retweet.

Semenjak resmi menjabat, Jokowi menggunakan akun Twitter-nya sebagai media untuk berbagi informasi kinerja pemerintah dalam bidang pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik dan budaya.

Advertisement

Beberapa temuan dari survei juga mendapati Menteri Luar Negeri India sebagai pemimpin perempuan dengan pengikut terbanyak yakni 5 juta pengikut. Sedangkan di kawasan Eropa, Perdana Menteri Inggris memiliki jumlah pengguna terbanyak dengan 4,4 juta pengikut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif