Teknologi
Rabu, 1 Juni 2016 - 04:30 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Meike Umumkan Lensa Tanpa Autofokus DSLR dan Mirrorless

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lensa Murah Meike (Detik)

Teknologi terbaru lensa Meike bisa dipasangkan dengan kamera DSLR dan Mirroless.

Solopos.com, JAKARTA — Meike yang terkenal sebagai pembuat aksesori fotografi mengumumkan beberapa teknologi terbaru lensa yang bisa dipasang di berbagai kamera baik kamera DSLR dan mirrorless dengan sensor APS-C, micro four thirds dan 1 inci.

Advertisement

Seperti dikutip dari Detik, Selasa (31/5/2016), teknologi terbaru lensa-lensa yang diumumkan antara lain Meike 25 mm f/0.95, Meike 25 mm f/0.95, Meike 28 mm f/2.8, Meike 35 mm f/1.7, Meike 50 mm f/2.0. Lensa-lensa di atas tidak memiliki mekanisme autofokus.

Dari tiga lensa itu, teknologi terbaru Meike 25mm f/0.95 mungkin yang paling menarik, karena bukaannya sangat besar sehingga bisa menyerap banyak cahaya di tempat gelap dan membuat bagian yang tidak fokus sangat blur.

Tapi harganya tentu tidak murah karena sulit membuat lensa dengan bukaan sebesar itu. Bahkan produsen kamera seperti Canon dan Nikon tidak memiliki lensa bukaan yang lebih besar dari f/1.2 di katalog lensanya. Di ebay ada penjual yang menetapkan harga sekitar Rp9 juta.

Advertisement

Bagi yang hobi fotografi yang memiliki anggaran yang tidak banyak, tiga pilihan lensa lainnya mungkin lebih cocok. Rata-rata di bawah US$100 atau sekitar Rp1,3 juta.

Tapi ingat lensa diatas dirancang untuk kamera bersensor APS-C, jadi sudut pandangnya lebih tele/sempit daripada angka yang tertera di kamera. Misalnya 25 mm bila dipasang di kamera APS-C Canon akan menjadi 25 x 1,6 = 40 mm ekuivalen dengan kamera bersensor full frame/format 35 mm. Bila dipasang di kamera micro four thirds (Olympus & Panasonic) ekuivalensinya akan menjadi 25 x 2 = 50 mm.

Dengan harga yang sangat terjangkau dan ukuran lensa yang kecil, tentunya kita juga harus realistis akan kualitas gambar yang dihasilkan. Kualitas foto yang dihasilkan hanya tajam di bukaan tertentu (f2.8-5.6) di bagian tengah gambar sedangkan di bagian ujung-ujung gambar tidak akan tajam di bukaan berapa saja.

Advertisement

Walaupun demikian, pengguna kamera mirrorless seperti Sony NEX/E-mount, Fujifilm X, micro four thirds (Olympus & Panasonic), Canon EOS M, dan bahkan Nikon 1 memiliki alternatif pilihan lensa fix manual fokus berbukaan besar yang ringkas dan relatif terjangkau.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif