Jogja
Rabu, 1 Juni 2016 - 17:20 WIB

SISWA KERACUNAN : Iseng Makan Biji Tanaman Yodium, Belasan Siswa SDN Bendungan Keracunan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Siswa keracunan terjadi di SDN Bendungan Wates

Harianjogja.com, KULONPROGO-Belasan siswa SD Negeri 5 Bendungan, Wates, Kulonprogo mengalami keracunan akibat memakan biji tanaman yodium yang ada di halaman sekolah, Rabu (1/6/2016). Mereka kemudian dibawa ke puskesmas terdekat setelah mengeluh pusing dan mual.

Advertisement

Kepala SD Negeri 5 Bendungan, Bardi Purnomo mengatakan, tindakan iseng siswanya dilakukan sekitar pukul 07.00 WIB sebelum bel ujian kenaikan kelas (UKK) berbunyi. Mereka kemudian mengerjakan ujian seperti biasa.

Namun, menjelang pukul 09.00 WIB, dua anak mengeluh pusing dan mual. Satu diantaranya bahkan sempat muntah saat dirawat sementara di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sehingga segera dilarikan ke Puskesmas Wates. Satu anak lain juga muntah-muntah saat tiba di puskesmas.

Sekolah kemudian berusaha mendata siapa saja anak yang ikut memakan biji yodium. Mereka pun dibawa ke puskesmas untuk diperiksa meski tidak mengalami pusing atau mual. “Ada 11 anak dibawa ke puskesmas. Satu kelas IV dan lainnya kelas V. Sekarang sudah sembuh dan pulang semua,” ujar Bardi, Rabu siang.

Advertisement

Bardi menambahkan, kejadian tersebut dipastikan tidak mengangganggu proses UKK. Hal itu karena keluhan baru dirasakan siswa saat sudah selesai mengerjakan soal. Dia berharap, tidak ada lagi anak lain yang coba mengonsumsi biji yodium. Jika perlu, pihak sekolah bahkan bisa saja menebang beberapa tanaman yodium yang ada di halaman sekolah.

Salah satu korban bernama Tegar Alfa Nugraha mengaku hanya memakan satu biji yodium karena ditawari teman. Menurutnya, rasa biji itu mirip kacang. Dia pun tenang-tenang saja karena tidak ada hal aneh yang terjadi pada tubuhnya saat itu. Namun, ternyata dia merasa mual dan pusing sekitar dua jam kemudian.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif