Otomotif
Rabu, 1 Juni 2016 - 22:30 WIB

MODIFIKASI MOBIL : Pasang Body Kit, Dongkrak Gaya Sekaligus Performa

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Modifikasi Toyota Agya body kit. (Istimewa/Liputan6.com)

Modifikasi mobil menggunakan body kit memiliki banyak manfaat.

Solopos.com, JAKARTA — Melakukan modifikasi mobil dengan menambah perangkat body kit ternyata memiliki banyak manfaat. Selain membuat tampang mobil lebih keren dan gaya, itu juga membuat performa terdongkrak naik.

Advertisement

Hal itu dibenarkan oleh pemilik bengkel modifikasi mobil Oto Spoiler Jakarta, Uun. Menurutnya penambahan part custom seperti bumper, grille, side skirt, hingga spoiler membuat mobil lebih aerodinamis dan stabil tertutama pada kecepatan tinggi.

“Body kit pengaruh sama angin, efeknya menekan jadi mobil lebih enggak goyang. Tapi kebanyakan orang pasang cuma buat action-actionan, jarang ada yang benar-benar niat buat performa,” terang Uun sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Rabu (1/6/2016).

Tetapi sebelum memasang body kit, perhatikan dahulu jenis bahannya. Menurut Uun ada dua material yang beredar di Indonesia, yakni plastik dan fiberglas. Material fiberglas unggul dalam kualitas, daya tahan, dan bisa diperbaiki apabila rusak. Sedangkan plastik diminati karena harganya terjangkau.

Advertisement

“Tapi body kit plastik yang banyak beredar itu abal-abal, tipis, dan kalau terbentur sedikit langsung pecah. Kecuali kalau plastik bahan polyurethane keluran orisinal pabrikan mobil, itu bagus sangat kuat,” imbuhnya.

Selain itu body kit plastik juga memiliki finishing kurang rapi seperti permukaan bergelombang, cat kurang rata, serta dudukan yang terkadang kurang pas sehingga harus diakali ketika proses pemasangan. Semula modifikasi dengan body kit sangat identik dengan sedan dan mobil-mobil sport. Tetapi kini tidak ada salahnya jika perangkat bodi custom itu dipasang pada mobil jenis city car, MPV, SUV, bahkan LCGC sekalipun.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif