Jogja
Rabu, 1 Juni 2016 - 07:55 WIB

GELOMBANG TINGGI PANTAI SELATAN : Hati-hati! Hari Ini Ketinggian Ombak Diprediksi Capai 7 Meter

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ombak masih tinggi membuat hasil tangkapan ikan tidak memuaskan, sejumlah nelayan menarik sebuah perahu usai melaut untuk disandarkan ke tepi Pantai Congot, Kamis (12/11/2015). (Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Gelombang tinggi Pantai Selatan masih terjadi.

Harianjogja.com, BANTUL– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul belum menetapkan status siaga terkait gelombang tinggi yang terjadi di perairan pantai selatan beberapa hari terakhir. Wisatawan diminta tetap waspada.

Advertisement

Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan, pemerintah tidak menetapkan status siaga karena gelombang tinggi yang terjadi saat ini merupakan rutinitas tahunan.
“Setiap tahun kondisi seperti ini selalu terjadi. Ini sudah rutinintas jadi sudah biasa,” terang Dwi Daryanto, Selasa (31/5/2016).

Meski terjadi gelombang tinggi, sejauh ini kata Dwi Daryanto tidak ada laporan abrasi di sejumlah pantai di Bantul. Ia menilai, gelombang tinggi yang terjadi saat ini masih dalam kategori normal khususnya di Bantul. Kendati di daerah lain seperti Gunungkidul kondisinya lebih parah dari Bantul.

Terpisah, warga Pantai Depok, Kretek, Bantul Dardi Nugroho mengatakan, kendati tidak ada status siaga dari pemerintah, petugas SAR di pantai selatan menurutnya tetap siaga mencegah wisatawan mandi di laut.
“Sampai sekarang itu petugas masih ada berjaga,” ungkap lelaki yang biasa disapa Dargon itu.

Advertisement

Gelombang tinggi saat ini membahayakan bagi wisatawan yang berkativitas di pantai selatan. Saat ini kata dia, gelombang pantai selatan terdeteksi sebesar empat hingga lima meter. Kendati termasuk tinggi, sejumlah nelayan Depok nekat berlayar. Para nelayan dan warga pesisir saat ini terus memantau perkiraan cuaca melalui internet.

Sebagian besar nelayan telah memiliki ponsel cerdas yang dilengkapi aplikasi untuk mengetahui perkiraan cuaca.

“Sekarang ini cepat tahu kondisi cuaca enggak perlu menunggu informasi dari BMKG [Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika], di handphone itu prediksinya selalu tepat,” ujarnya lagi.

Advertisement

Sesuai informasi dari internet, gelombang tinggi mencapai tujuh meter akan terjadi pada Rabu (1/6/2016) ini. Nelayan dan warga kata dia telah bersiap menghadapi gelombang tinggi yang berpotensi mengakibatkan abrasi. Pantai Depok telah berkali-kali dihantam abrasi air laut. Abrasi pernah merusak sebagian bangunan permanen lapak kuliner di pinggir pantai.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif