Jogja
Rabu, 1 Juni 2016 - 08:55 WIB

BANDARA KULONPROGO : Pembangunan Daerah dan Bandara Bersinergi, Berikut Strateginya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Human Capital&General Affairs Director PT Angkasa Pura I, Adi Nugroho menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU) di Gedung Kaca, Wates, Selasa (1/2/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo untuk pembangunan disesuaikan daerah

Harianjogja.com, KULONPROGO — Kulonprogo pastikan pembangunan kawasan sekitar selaras dengan pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Upaya ini sebagai jalur cepat menampung beragam potensi yang muncul sejalan dengan keberadaan bandara.

Advertisement

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan Pemkab Kulonprogo telah melakukan perencanaan bersama dengan Angkasa Pura guna melakukan pembangunan yang sesuai dengan keberadaan bandara.

“Kita selalu bersinergi dengan Angkasa Pura agar pengembangan industrinya sesuai, fast track”ujarnya, Selasa (31/5/2016).

Lebih lanjut, Hasto menguraikan keberadaan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) mengatur hal tersebut. Sejumlah kawasan dirancang sebagai kawasan usaha berbasis pariwisata ataupun jenis layanan publik lain. Kawasan hunian disebutnya juga disesuaikan. Selain itu, kawasan industri bagi cargo port juga disiapkan di Kaligintung.

Advertisement

Sebelumnya, sempat muncul kekhawatiran pembangunan Kulonprogo akan tertinggal dibanding pembangunan bandara. Persoalan ini dapat menjadi penyebab potensi ekonomi dan pariwisata yang diprediksi lepas begitu saja lantaran harus menunggu pembangunan industri selesai di sekitar bandara.

Realisasi tersebut akan segera dilakukan setelah proses pembayaran ganti rugi selesai dilakukan. Hasto memperkirakan proses pembayaran ini akan selesai pada Desember 2016 Proses ganti rugi sendiri akan mulai dilakukan pada periode akhir Juni mendatang. Warga terdampak juga akan segera diminta pindah begitu lahan yang disiapkan telah selesai.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo, Agus Langgeng Basuki menyatakan bahwa pemkab Kulonprogo telah mempersiapkan semuanya.

Advertisement

“Sudah disiapkan, sekarang hanya tinggal menunggu master plan bandara,”jelasnya.

Project Manager Kantor Proyek Pembangunan Bandara NYIA PT Angkasa Pura I, Sujiastono membenarkan ada pembahasan konsep tata ruang bersama antara pihaknya dan Pemkab Kulonprogo. Meski akan dilengkapi dengan airport city, tetapi pengembangan daerah sekitar bandara diserahkan sepenuhnya kepada pemkab. Ia menegaskan sinergi daerah siap dilakukan guna memaksimalkan potensi pariwisata, industri, dan perdagang dengan hadirnya bandara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif