News
Selasa, 31 Mei 2016 - 12:28 WIB

WACANA PEMERINTAH : Begini Alasan 1 Juni Jadi Libur Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pemerintah mewacanakan 1 Juni sebagai libur nasional.

Solopos.com, JAKARTA – Tanggal 1 Juni besok kabarnya akan menjadi libur nasional. Kabar ini berhembus melalui banyaknya pembahasan yang muncul di media sosial. Meski begitu, belum ada pengumuman resmi dari pemerintah.

Advertisement

Munculnya rumor ini berawal dari pengumuman Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mengatakan Presiden akan mengeluarkan Perpres soal libur nasional 1 Juni. Hingga kini, rancangan perpres yang mengatur hal itu tersebut masih difinalisasi. Presiden akan segera menandatangani jika draf perpres selesai.

Rancangan perpres tentang penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sudah dibahas cukup lama dan berkali-kali di tingkat eselon I kementerian hingga tingkat menteri.

Advertisement

Rancangan perpres tentang penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sudah dibahas cukup lama dan berkali-kali di tingkat eselon I kementerian hingga tingkat menteri.

Sekitar dua bulan lalu, rancangan perpres itu dibahas di Sekretariat Negara dan Sekretaris Kabinet.

Selama ini, 1 Juni belum ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Lahir Pancasila dan sebagai hari libur nasional. Di awal Orde Baru, 1 Juni malah pernah dilarang untuk diperingati, yang ada justru Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober.

Advertisement

“Pancasila akhirnya dihormati, untuk itu implementasinya bisa dirayakan, karena dijatuhkan hari libur, sungguh bersyukur sekali,” kata Megawati dalam wawancara khusus dengan tim Liputan6.com dan SCTV, seperti dikutip Solopos.com, Selasa (31/5/2016).

Netizen Heboh

Terkait wacana ini, publik dunia maya (netizen) langsung heboh. Banyak yang mengira wacana ini bakal diberlakukan tahun ini.

Advertisement

Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan belum ada kepastian wacana ini bakal diterapkan. Hingga Selasa (31/5/2016), belum ada kepastian dari pemerintah. Selain itu belum ada edaran resmi terkait keputusan tanggal 1 Juni.

“Soal libur nasional saya sudah mendengar. Tapi yang jelas belum ada edaran resmi,” ujar Ma’ruf seperti dikutip dari Detik, Selasa.

Peringatan hari Pancasila akan digelar secara nasional di Bandung. Rencananya Presiden Jokowi akan datang. MPR selaku pelaksana kegiatan hingga saat ini belum menerima surat edaran libur nasional 1 Juni.

Advertisement

Meski demikian, rangkaian acara peringatan Hari Pancasila dan Pidato Bung Karno akan dilaksanakan mulai hari ini hingga Rabu (1/6/2016) mendatang.

“Yang jelas 1 Juni peringatan Hari Pancasila dan Pidato Bung Karno akan dilaksanakan,” tandasnya.

Pada 1 Juni nanti, akan ada parade, pidato presiden, juga napak tilas ke monumen Lapas Banceuy, tempat Presiden Sukarno pernah dipenjara.

“Jadi bulan Bung Karno, 1 Juni ini menjadi satu momentum untuk melaksanakan karya nyata yang selaras dengan nilai yang kita sepakati bersama. Setiap tahun juga kita peringati tapi perbedaannya tahun ini kita gelar di Gedung Merdeka, Bandung,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif