News
Selasa, 31 Mei 2016 - 12:47 WIB

WACANA PEMERINTAH : 1 Juni Libur Nasional, MPR: Belum Ada Pengumuman Resmi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BERSIHKAN PANCASILA SAKT

Pemerintah mewacanakan 1 Juni libur nasional mulai 2017 mendatang.

Solopos.com, SOLO – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla kabarnya akan menetapkan tanggal tersebut menjadi hari libur nasional. Namun hingga hari ini, Senin (30/5/2016), belum dipastikan.

Advertisement

Terkait wacana ini, publik dunia maya (netizen) langsung heboh. Banyak yang mengira wacana ini bakal diberlakukan tahun ini.

Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan belum ada kepastian wacana ini bakal diterapkan. Hingga Selasa (31/5/2016), belum ada kepastian dari pemerintah. Selain itu belum ada edaran resmi terkait keputusan tanggal 1 Juni.

“Soal libur nasional saya sudah mendengar. Tapi yang jelas belum ada edaran resmi,” ujar Ma’ruf seperti dikutip dari Detik, Selasa.

Advertisement

Peringatan hari Pancasila akan digelar secara nasional di Bandung. Rencananya Presiden Jokowi akan datang. MPR selaku pelaksana kegiatan hingga saat ini belum menerima surat edaran libur nasional 1 Juni.

Meski demikian, rangkaian acara peringatan Hari Pancasila dan Pidato Bung Karno akan dilaksanakan mulai hari ini hingga Rabu (1/6/2016) mendatang.

“Yang jelas 1 Juni peringatan Hari Pancasila dan Pidato Bung Karno akan dilaksanakan,” tandasnya.

Advertisement

Pada 1 Juni nanti, akan ada parade, pidato presiden, juga napak tilas ke monumen Lapas Banceuy, tempat Presiden Sukarno pernah dipenjara.

“Jadi bulan Bung Karno, 1 Juni ini menjadi satu momentum untuk melaksanakan karya nyata yang selaras dengan nilai yang kita sepakati bersama. Setiap tahun juga kita peringati tapi perbedaannya tahun ini kita gelar di Gedung Merdeka, Bandung,” kata dia.

Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila yang juga peringatan Pidato Bung Karno tahun ini akan digelar pada Rabu, 1 Juni di sekitar Gedung Merdeka, Bandung. Rencananya acara akan dihadiri Presiden Joko Widodo yang akan melakukan napak tilas ke penjara Banceuy tempat Soekarno pernah dipenjara.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif