Jateng
Selasa, 31 Mei 2016 - 06:50 WIB

KEAMANAN SALATIGA : Pos Kamling Dusun Krajan Wakili Tingkir ke Lomba Siskamling

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lomba siskamling (humaspolresbantul.blogspot.com)

Keamanan Salatiga yang salah satunya diaplikasikan lewat Siskamling digelar perlombaannya.

Semarangpos.com, SALATIGA – Pos Kamling Dusun Krajan RT 001/RW 005, Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, terpilih mewakili Kecamatan Tingkir dalam Lomba Siskamling tingkat Kota Salatiga. Lomba Siskamling ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2016 nanti.

Advertisement

Penunjukkan Pos Kamling Dusun Krajan ini turut disertai dengan penilaian yang dilakukan tim juri Lomba Siskamling pada Jumat (27/5/2016) malam. Hadir dalam penilaian itu, Wakapolres Salatiga, Kompol Dyah Ayu Wuryaning Hapsari.

Dalam sambutannya itu, Wakapolres menjelaskan penilaian pos kamling itu dilakukan bukan hanya sekedar untuk mencari juara. Namun, penilaian itu juga dilakukan untuk memotivasi warga agar lebih giat menjaga keamanan di lingkungannya melalui Siskamling.

“Sesuai dengan fungsinya, keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama dan wajib kita laksanakan,” ujar Dyah dalam rilis kepada Semarangpos.com, Sabtu (28/5/2016).

Advertisement

Dyah menambahkan kunjungan ke pos kamling warga untuk melakukan penilaian ini sebelumnya juga dilakukan di kecamatan lain, seperti Sidorejo dan Sidomukti. “Untuk malam ini [Jumat] kami lakukan kunjungan ke dua kecamatan lainnya. Selain Tingkir, kami juga melakukan penilaian di pos kamling Kecamatan Argomulyo,” imbuh Dyah.

Sementara itu, Kapolsek Tingkir, Kompol Hari Sutadi, mengaku sebenarnya banyak pos kamling di wilayah Tingkir yang bagus-bagus, dilihat dari keaktifannya. Meski demikian, pihaknya memilih Pos Kamling Krajan RT 001/RW 005 sebagai yang terbaik dan berhak mewakili Kecamatan Tingkir di tingkat Kota Salatiga.

“Penujukan ini kami lakukan melalui seleksi lebih dulu. Sebenarnya semua [pos kamling] di kelurahan lain juga sama aktifnya, tapi dilihat dari kesiapannya di sini yang paling siap,” terang Kapolsek.

Advertisement

Sementara itu, Kabag Operasi Polres Salatiga, Kompol Sutarto, selaku ketua penilai lomba, mengaku Lomba Siskamling ini merupakan agenda tahunan. Selain berfungsi untuk mengiatkan kegiatan keamanan warga di lingkungannya, lomba ini juga digunakan untuk mengecek keaktifan anggota Bhabinkamtibmas Polres Salatiga di lapangan.

Dalam acara penilaian itu, warga RT 001/RW 005 Dusun Krajan juga menampilkan simulasi penyelamatan warga yang tengah bertikai karena konflik keluarga. Dalam simulasi itu digambarkan seorang suami yang tengah menganiaya istrinya dan warga melerai pertikaian itu dengan mengamankan pelaku dan menyelamatkan korban.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif