Jogja
Selasa, 31 Mei 2016 - 13:50 WIB

DANA DESA : Dana Desa Sudah Berada di Rekening Desa

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Anggaran (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Dana desa di Gunungkidul sudah berada di rekening desa masing-masing

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunungkidul mengklaim dana desa termin pertama 2016 sudah ditransfer ke rekening masing-masing desa.

Advertisement

Dana yang dicairkan sebesar Rp61 miliar, sedangkan sisanya Rp42 miliar akan diberikan pada Agustus mendatang.

Kepala Bidang Badan Pemberdayaan Masyarakat, BPMPKB Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, proses transfer dari kas daerah ke rekening masing-masing desa dilakukan sejak Rabu (25/5/2016) lalu.

Untuk persyaratan pencairan, pemkab meminta setiap desa untuk memberikan dokumen tentang laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran di 2015 dan APBdes 2016.

Advertisement

“Semua desa telah menyerahkan sehingga dana desa lansung kami transfer ke rekening yang dimiliki desa,” kata Rakhmadian.

Dia menjelaskan, pencairan dana desa berbeda dengan yang dilakukan di tahun lalu. Tahun ini pencarian dilakukan dalam dua termin, sedang di 2015 lalu dilakukan dalam tiga termin.

Untuk pencairan tahap pertama 2016 dana yang ditransfer dari pusat sebesar 60%, atau sekitar Rp61 miliar dari total yang diterima di Gunungkidul. Sedangkan sisanya Rp42 miliar akan diberikan pada Agustus nanti. “Saya pastikan yang termin kedua bisa cair tepat waktu,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif