Teknologi
Senin, 30 Mei 2016 - 21:32 WIB

TIPS SMARTPHONE : Begini Cara Hemat Baterai Ponsel Android

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengisi daya ponsel (Huffington Post)

Tips smartphone kali ini mengulas cara menghemat baterai Android.

Solopos.com, SOLO — Pengguna smartphone berbasis Android sudah pasti merasa kesal, bila baterai smartphone miliknya boros. Padahal masih banyak hal yang perlu dilakukan menggunakan smartphone tersebut.

Advertisement

Misalnya memesan layanan transportasi via aplikasi, mengecek rute, berbelanja online, atau sekadar browsing di mesin pencari. Untuk mengantisipasinya berikut ini sejumlah tips bagi pengguna smartphone Android untuk menghemat baterai sebagaimana dihimpun dari Android Pit, Senin (30/5/2016).

1. Gunakan Wallpaper Warna Gelap

Bila smartphone Anda memiliki layar Amoled seperti pada perangkat Samsung, coba gunakan wallpaper berwarna gelap. Alasannya, layar Amoled hanya menerangi piksel berwarna. Warna hitam diketahui memiliki piksel gelap sehingga dibutuhkan lebih sedikit daya untuk menerangi warna hitam.

Advertisement

2. Aktifkan Doze Android Marshmallow

Bila Anda menggunakan smartphone Android dengan sistem operasi Marshmallow, ada sebuah fitur bernama Doze yang berfungsi membantu memaksimalkan baterai. Bersamaan dengan Google Now on Tap, Doze merupakan fitur tambahan pada Marshamallow.

Ketika Doze diaktifkan, pada dasarnya perangkat Anda masuk ke mode hibernasi, bila smartphone tak dipakai dalam waktu cukup lama. Dengan kata lain, ketika Anda tertidur smartphone Anda juga tertidur dan hanya akan kehilangan baterai 3%-5% sepanjang malam.

3. Gunakan Greenify

Advertisement

Tak seperti aplikasi lain yang mengklaim bisa mengoptimalkan performa dan meningkatkan kinerja baterai, apa yang ditawarkan aplikasi Greenify bukan sekadar klaim belaka. Greenify memungkinkan aplikasi lain berada dalam mode hibernasi, bila tak digunakan. Hal itu mencegah adanya aktivtas aplikasi pada background.

4. Jangan Gunakan Auto Brightness

Untuk menghemat baterai, sebaiknya jangan menggunakan auto brightness. Meski auto brightness berguna, tampilan layar yang diatur dengan pengaturan auto brightness biasanya lebih terang dibandingkan dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, ponsel Anda akan lebih hemat baterai bila pengaturan brightness atau tingkat kecerahan dilakukan secara manual. Untuk diketahui, hal ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja baterai smartphone Android Anda, sebab layar merupakan salah satu yang membuat baterai cepat boros.

Advertisement

5. Atur Screen Timeout Lebih Singkat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur screen timeout atau batas waktu aktif layar menjadi lebih singkat. Misalnya, bila sebelumnya layar smartphone Android Anda akan nonaktif setelah satu menit, ubah menjadi 30 detik.

Caranya, masuk ke menu Setting kemudian pilih Display dan kemudian pilih Screen timeout dan pilih ke waktu yang lebih singkat, misalnya 30 atau 15 detik.

6. Smartphone Tak Perlu Terus Smart

Advertisement

Menonaktifkan fitur smart yang ada pada smartphone Anda rupanya bisa menghemat masa pemakaian baterai. Misalnya, fitur smart seperti air gesture dan smart scrolling pada Samsung.

7. Matikan Notifikasi Getar

Ternyata penggunaan getar pada smartphone juga dianggap sebagai salah satu hal yang membuat baterai cepat habis. Untuk langkah penghematan, matikan getar untuk panggilan masuk. Tanda getar rupanya justru lebih boros dibandingkan dengan notifikasi dering.

8. Gunakan Notifikasi Lock Screen

Notifikasi lock screen juga bisa menghemat baterai ponsel Anda, terutama bila layar smartphone Anda berjenis Amoled. Sebab, Anda bisa melihat notifikasi dalam sekali lihat tanpa harus menyalakan seluruh layar Anda. Notifikasi Lock screen biasanya ada pada smartphone Android yang berjalan di Lollipop.

9. Gunakan Baterai Original

Advertisement

Bila ingin baterai Anda lebih hemat, jangan pernah gunakan baterai nonoriginal, pastikan untuk selalu menggunakan baterai original.

10. Masuk ke Mode Do Not Disturb atau Sleep

Pastikan untuk mengatur waktu sleep dan menonaktifkan Wifi bila tidak memerlukannya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif