Pialaeropa
Senin, 30 Mei 2016 - 16:23 WIB

PIALA EROPA 2016 : Profil Kroasia: Andalkan Duet Modric-Rakitic

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ivan Rakitic dan Luca Modric. (Istimewa/Pixsell/Daniel Kasap)

Piala Eropa 2016 menempatkan Kroasia sebegai kuda hitam.

Solopos.com, SOLO – Tim Nasional Kroasia kali pertama menggebrak dunia pada Piala Dunia 1998. Setelah itu, pecahan Yugoslavia itu tak begitu menonjol. Di bawah arahan Ante Cacic, Kroasia menatap Piala Eropa 2016.

Advertisement

Kroasia merupakan kuda hitam di Grup D. Mereka lolos sebagai runner up di babak kualifikasi setelah menggulung Norwegia 5-1 dan menahan imbang Italia dengan skor 1-1. Dengan materi pemain yang mumpuni tahun ini, Kroasia bisa menjadi kejutan bagi tim-tim besar di Piala Eropa 2016.

Luca Modric dan Ivan Racitic akan menjadi andalan Kroasia di lini tengah. Dua nama ini menjadi pemain kunci untuk Real Madrid dan Barcelona dalam laga bertajul El Classico. Ditambah striker Juventus, Mario Mandzukic, Kroasia digadang-gadang menjadi kuda hitam di Prancis.

Kroasia bisa dibilang memiliki generasi emas saat gelaran Piala Eropa 2016. Jika pada Piala Eropa sebelumnya hanya nama Darijo Srna yang sering disorot, tahun ini Kroasia diperkuat pemain bintang yang bersinar di klub elit Eropa.

Advertisement

Sebut saja nama penyerang Juventus Mario Mandzukic, gelandang Ivan Perisic (Inter Milan), Ivan Rakitic (Barcelona) dan Luka Modric (Real Madrid). Di lini belakang, ada nama pemain bertahan Liverpool Djan Lovern dan penjaga gawang AS Monaco, Danijel Subasic.

Ivan Rakitic dan kawan-kawan berhasil memastikan satu tempat di fase utama Euro 2016 Prancis setelah menempati urutan kedua di Grup H babak kualifikasi Euro 2016. Kroasia mengumpulkan 20 poin dan terpaut 4 angka dari Italia yang bertengger di puncak klasemen Grup H.

Kroasia pernah ikut serta di ajang Euro 1960 dan 1992 saat masih tergabung bersama Yugoslavia. Sejak 1996, Kroasia berdiri sendiri dan berhasil tampil hingga babak quarter final. Lalu, Kroasia melanjutkan kiprahnya di Euro 2004, 2008 dan 2012.

Julukan: Vatreni

Advertisement

Asosiasi: Croatian Football Federation

Kapten tim: Darijo Srna

Penampilan terbanyak:  Darijo Srna (127)

Top skor: Davor Suker (127)

Advertisement

Stadion: Stadion Poljud, Stadion Maksimir

Kode FIFA: CRO

Peringkat dunia saat ini: Tertinggi: 3 (Januari 1999) Terendah: 125 (Maret 1994)

Statistik Kroasia di Kualifikasi Piala Eropa 2016

Advertisement

Menang-Imbang-Kalah: 6 – 3 – 1

Rata-Rata Skor dan kebobolan: 2 – 0,5

Kartu Kuning dan Merah: 23 – 3

Rekor Piala Eropa

1960-1992 – Tidak Ikut

1996 – Perempatfinal

Advertisement

2000 – Tidak Lolos

2004 – Putaran Pertama

2008 – Perempatfinal

2012 – Babak Grup

Skuad Sementara Kroasia untuk Piala Eropa 2016

Kiper: Danijel Subaši? (Monaco), Lovre Kalini? (Hajduk Split), Ivan Vargi? (Rijeka), Dominik Livakovi? (NK Zagreb).

Bek: Darijo Srna (Shakhtar Donetsk), Vedran ?orluka (Lokomotiv Moskva), Domagoj Vida (Dynamo Kyiv), Ivan Strini? (Napoli), Gordon Schildenfeld (Dinamo Zagreb), Šime Vrsaljko (Sassuolo), Tin Jedvaj (Bayer Leverkusen), Duje ?aleta-Car (Salzburg).

Gelandang: Luka Modri? (Real Madrid), Ivan Rakiti? (Barcelona),  Ivan Periši? (Internazionale Milano), Mateo Kova?i? (Real Madrid), Milan Badelj (Fiorentina), Marcelo Brozovi? (Internazionale Milano), Alen Halilovi? (Barcelona), Domagoj Antoli? (Dinamo Zagreb), Marko Rog (Dinamo Zagreb), Ante ?ori? (Dinamo Zagreb).

Penyerang: Mario Mandžuki? (Juventus), Nikola Kalini? (Fiorentina), Andrej Kramari? (Hoffenheim), Marko Pjaca (Dinamo Zagreb), Duje ?op (Málaga).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif