Teknologi
Senin, 30 Mei 2016 - 23:10 WIB

PENEMUAN BARU : Arkeolog Yunani Klaim Temukan Makam Aristoteles

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Patung Aristoteles (noticiaaldia.com)

Penemuan baru makam Aristoteles diyakini ditemukam di Stagira

Solopos.com, THESSALONIKI – Arkeolog Yunani mengklaim telah menemukan makam filsuf Yunani terkenal, Aristoteles. Selama ribuan tahun, tidak ada orang yang mengetahui keberadaan makam Aristoteles. Hingga akhirnya sang arkeolog itu mengklaim telah menemukannya.

Advertisement

Science Alert sebagaimna dikutip Liputan6.com, Senin (30/5/2016) melaporkan pengumuman mengejutkan sang arkeolog diungkapkan dalam Kongres Dunia 2.400 Tahun Aristoteles yang diadakan di Thessaloniki, Yunani. Kongres itu diadakan untuk memperingati ulang tahun sang filsuf yang ke 2.400.

“Tidak memiliki bukti, tapi petunjuk yang kuat, seyakin-yakinnya seseorang” bahwa ia menemukan makam di bawah sebuah struktur,” ujar Kitsantonis mengutip pernyataan Sismanidis.

Artinya, Sismanidis belum memiliki bukti kuat. Namun, ia mengatakan lokasi makamnya ada di Stagira, dengan lantai pualam, ruang pandang panoramik, dan tanggal pembangunan pada masa awal Masa Helenistik yang dimulai pada 323 SM.

Advertisement

Baru-baru ini ada dugaan keluarganya mengembalikan jasad sang filsuf dari tempat pelariannya di kota Chalcis ke kampung kelahirannya di desa Stagira.

Masa itu hanya setahun sebelum meninggalnya Aristoteles. Sang ahli arkeologi memandang itu sebagai bukti awal yang cukup untuk mengambil kesimpulan.

“Kami telah menemukan makamnya. Kami juga telah menemukan mimbar yang disebut dalam naskah-naskah kuno, demikian juga jalan menuju makam yang sangat dekat dengan pasar kota kuno dan masih berada di dalam wilayah kota,” imbuhnya.

Advertisement

Meskipun Sismanidis masih memerlukan analisis lengkap untuk mengetahuinya secara pasti, namun hal ini merupakan kemajuan yang didapat oleh para peneliti.

Advertisement
Kata Kunci : Aristoteles Penemuan Baru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif