Otomotif
Senin, 30 Mei 2016 - 21:05 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Airbus Ciptakan Motor Pertama Berteknologi Pesawat

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sepeda motor Light Rider besutan Airbus. (Rideapart.com)

Inovasi otomotif datang dari motor produksi perusahaan pesawat terbang.

Solopos.com, BLAGNAC – Pabrikan pesawat terbang asal Blagnac, Prancis, Airbus membuat kejutan dengan menciptakan inovasi otomotif berupa sepeda motor paling ringan di dunia dan diberi nama Light Rider.

Advertisement

Bukan hanya paling ringan, kendaraan hasil inovasi otomotif dengan desain rangka unik berlubang-lubang dan mirip sepeda kayuh itu juga menjadi sepeda motor pertama di dunia yang dibuat menggunakan printer tiga dimensi (3D).

Seperti dilansir laman Carscoops, Minggu (29/5/2016), Light Rider dibangun dengan bahan logam Scalmalloy, yakni aluminium ringan dengan kekuatan setara titanium. Bahan tersebut selama ini hanya digunakan digunakan pada rangka pesawat terbang.

Logam itu selanjutnya dicampur dengan bubuk Klogam 30 pM yang membuat rangka semakin solid dengan bobot total 35 kilogram. Perancang alogaritna Light Rider dan juga anak perusahaan Airbus, AP Works mengklaim sepeda motor ramping itu dapat menahan beban hingga 350 kg.

Advertisement

“Light Rider ini merupakan rangkuman dari semua pengetahuan kami yang kami tuangkan dalam wujud sepeda motor. Sesuai harapan kami ini sangat kuat dan ringan berkat bahan berkualitas tinggi,” ungkap Niels Grafen dari AP Works.

Di sektor dapur pacu, Light Riders dibekali mesin listrik bertenaga 35 hp dengan torsi puncak 130 Nm. Dengan baterai terisi penuh, motor itu dapat dipacu sejauh 60 km dengan kecepatan maksimum 80 km/jam.

Menariknya, sepeda motor hasil inovasi otomotif Airbus itu bukanlah unit konsep dan saat ini sudah mulai dipasarkan meski jumlahnya terbatas hanya 50 unit. Satu unit Light Riders dijual seharga 50.000 euro atau sekitar Rp757 juta.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif