Jogja
Sabtu, 28 Mei 2016 - 06:20 WIB

TRANS JOGJA : Armada Baru Lebih Nyaman, Apa yang Beda?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas kabin Transjogja menunjukkan ruang khusus penyandang disabilitas di Trans Jogja. Armada baru ini didesain lebih ramah bagi penyandang disabilitas. (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Trans Jogja memiliki armada baru.

Harianjogja.com, JOGJA –– Hari pertama armada baru Trans Jogja beroperasi mendapatkan apresiasi dari penggunanya.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, sisi dalam armada Trans Jogja generasi baru ini memiliki tata letak kursi yang mirip dengan Trans Jogja versi terdahulu. Kursi-kursi penumpang ditata menempel dinding-dinding bus. Penataan ini memberikan lebih banyak ruang bagi penumpang yang berdiri. Untuk alat bantu menjaga keseimbangan saat berdiri, pegangan tangan tergantung dari langit-langit bus.

Yang berbeda hanyalah keberadaan alat pembayaran elektronik di tiang di dekat pintu masuk. Di bus versi lama, alat semacam ini belum dipasang di dalam bus. Namun alat serupa ada di seluruh halte Trans Jogja sehingga pelanggan yang sudah membeli tiket berlangganan tinggal menyentuhkan tiket mereka ke alat itu.

Selain alat itu, bus Trans Jogja generasi baru juga dirancang lebih ramah bagi penyandang disabilitas, lanjut usia dan perempuan hamil. Direktur operator Trans Jogja PT Anindya Mitra Internasional (AMI) Dyah Puspitasari mengatakan di bus generasi baru ini mereka menyiapkan kursi-kursi prioritas untuk penumpang yang membutuhkannya.

Advertisement

Mereka juga menyiapkan ruang khusus untuk kursi roda sehingga penumpang yang masuk dengan kursi roda tetap dapat bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Di ruangan ini, ikon kursi roda terpampang jelas dengan warna kuning di lantai bus.

Fasilitas lain yang dinilai ramah penyandang disabilitas adalah papan informasi digital yang menyampaikan informasi halte pemberhentian selanjutnya serta lokasi bus saat ini. Informasi itu juga disampaikan dalam bentuk suara oleh sopir bus sehingga penderita tunarungu maupun tunanetra tak tersesat atau salah turun halte.

“Informasi itu sudah dicantumkan di dalam bus, awak kabin kami juga akan mengarahkan bila ada penumpang yang butuh bantuan,” kata dia.

Advertisement

Keberadaan bus baru ini pun diakui petugas halte Trans Jogja Ahmad Nurohmadi cukup menarik perhatian. Beberapa penumpang yang menunggu di halte tempatnya bertugas di jalan Solo sempat menanyakan keberadaan bus baru ini. Mereka juga mengaku nyaman menggunakannya.

“Lumayan ramai juga yang naik bus baru ini, banyak juga yang suka terutama pelanggan yang sudah punya kartu pelanggan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif