Sport
Sabtu, 28 Mei 2016 - 23:15 WIB

MOTOGP 2016 : Motor Rossi Ngebul di Mugello Masih Misterius, Ini 3 Spekulasinya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi (Crash.net)

Motogp 2016 di Mugello pekan lalu diwarnai keanehan motor Valentino Rossi yang tiba-tiba berasap. Penyebabnya masih misterius.

Solopos.com, MUGELLO – Sudah sepekan berlalu sejak kejadian munculnya asap putih alias ngebul pada motor balap Valentino Rossi ketika Motogp 2016 di sirkuit Mugello, Italia. Meski begitu, Movistar Yamaha belum bisa menemukan titik masalahnya.

Advertisement

Tim Garpu Tala sebagaimana dilansir laman Motorsport, Jumat (27/5/2016), mengaku belum memiliki jawaban pasti atas kejadian yang menyebabkan The Doctor malu di kandangnya sendiri itu. Tetapi sejauh ini, tim sudah mendapatkan tiga kemungkinan kuat.

Pertama, tunggangan Rossi mengalami over rev, yakni mesin berputar dengan kecepatan di luar batas. Diduga, itu terjadi ketika ban belakang YZR-M1 terangkat menjelang tikungan. Pada saat itulah mesin memutar ban dengan kecepatan 380 km/jam, padahal batas top speed motor hanya 341 km/jam.

Kemungkinan kedua, radiator kendaraan Rossi kekurangan udara akibat terus-terusan memanfaatkan slip stream ketika membuntuti Jorge Lorenzo. “Mungkin tindakan itu menjadikan motor kekurangan pasokan udara untuk mendinginkan mesin. Teknik slip stream juga membuat motor Vale mencapai kecepatan yang tidak bisa ditanggung oleh mesin,” ungkap seorang mekanik Movistar Yamaha.

Advertisement

Kemungkinan ketiga, sudah ada cacat bawaan pada mesin kuda besi Yamaha. Seperti diketahui, motor Lorenzo juga mengalami masalah serupa pada hari yang sama. Hanya pada JL99, masalah itu muncul saat sesi pemanasan, bukan saat race.

Dalam riwayat Motogp, kejadian mesin ngebul pada motor Yamaha juga pernah dialami oleh pembalap Ben Spies yang membesut YZR-M1 800 cc di sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat pada 2012 lalu. Alhasil ia terpaksa menyelesaikan balapan lebih cepat tanpa melewati garis finis.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif