Soloraya
Sabtu, 28 Mei 2016 - 01:00 WIB

LEBARAN 2016 : UPTD Balekambang Solo Mulai Persiapkan Acara Bakdan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana Bakdan Ing Balekambang, Minggu (19/7/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016 UPTD Taman Balekambang akan menyajikan acara khusus.

Solopos.com, SOLO – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kawasan Wisata Taman Balekambang mulai mempersiapkan acara Bakdan Ing Balekambang. Pada 23 Mei, rekanan sudah teken kontrak untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Advertisement

Menurut Kepala UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, nilai kontrak untuk acara tersebut sekitar Rp29 juta. Kegiatan diadakan selama lima hari mulai 6 Juli hingga 10 Juli.

“Saat ini rekanan sudah mulai bergerak untuk mencari pengisi acara. Meskipun kegiatan ini diadakan pihak ketiga, kami tetap menegaskan untuk memperbanyak sajian tradisional seperti 70 persen tradisional, 30 persen modern,” katanya saat dihubungi solopos.com, Jumat (27/5/2016).

Sajian budaya tersebut, lanjut dia, tidak harus dari Solo. Bisa dari daerah Soloraya seperti Boyolali atau Wonogiri.

Advertisement

Terkait acara puncak saat Bakdan Ing Balekambang, saat ini masih dibahas secara internal. “Untuk acara puncak, kami masih mencari yang pas agar memberikan suasana baru dan menarik banyak pengunjung. Kalau tahun lalu kan Ki Ageng Pemanahan,” ujarnya.

Selain acara khusus, acara rutin berupa Sendratari Ramayana tetap diadakan pada malam hari. Ia juga menyatakan jam buka Taman Balekambang tidak ada perubahan.

“Hanya, untuk acara Sendratari Ramayana saat ramadan atau pada 24 Juni, acaranya kami mulai pukul 20.00 WIB. Tapi, untuk acara pada Juli kembali seperti awal mulai pukul 17.30 WIB,” tutur Endang.

Advertisement

Meskipun tahun ini acara Bakdan Ing Balekambang rencananya hanya lima hari, ia berharap jumlah pengunjung bisa mencapai puluhan ribu

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif