Lifestyle
Sabtu, 28 Mei 2016 - 02:00 WIB

KULINER SOLO : Pedasnya Ayam Penyet Kampung Khas Surabaya

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menu ayam penyet kampung yang ditawarkan Ayam Penyet Suroboyo Cabang Solo. ( Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo kali ini menyajikan olahan ayam yang dioleh penyet pedas.

Solopos.com, SOLO – Selain disebut sebagai Kota Bengawan, Solo juga dikenal sebagai kota wisata kuliner. Bermacam sajian menu unik dapat ditemukan Kota Solo, seperti Ayam Penyet Suroboyo yang ada di Jl Honggowongso Kompleks Ruko Honggowongso Square No. A5, Solo.

Advertisement

Aneka makanan pedas khas Surabaya bisa dijumpai di rumah makan ini. Salah satu menu andalan di rumah makan tersebut adalah ayam penyet kampung.

Menu tersebut disajikan dengan nasi dan trancam. Sayuran yang juga dikenal dengan urap sayur tersebut terdiri atas sayuran segar seperti kol, taoge, mentimun yang dipotong kecil-kecil dan parutan kelapa.

Tak ketinggalan satu mangkuk kecil berisi sambal bawang siap menemani santap siang bersama menu ayam penyet tersebut. Satu potong tahu goreng hangat yang semakin membuat menu tersebut terasa spesial.

Advertisement

Sekilas memang tidak ada yang berbeda dengan ayam penyet lainnya. Namun, ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Saat solopos.com mencicipinya, daging ayam tersebut begitu gurih dan empuk di mulut. Daging ayam itu begitu mudah disuir meski hanya dengan menggunakan sendok dan garpu.

Taburan kremes di atas daging ayam goreng menu itu tambah kres. Kremes yang digunakan berbeda dibandingkan kremes lainnya karena dimasak bersama potongan daun jeruk dan laos. Kremes itu pun memiliki aroma dan rasa yang lebih segar.

Menu tersebut tambah nikmat saat dimakan bersama sayur trancam dan sambal. Sambal yang digunakan adalah sambal bawang yang memiliki sensasi rasa sangat pedas. Menu tersebut tentunya sangat cocok bagi pecinta kuliner pedas. Apalagi menu tersebut dijual cukup terjangkau seharga Rp17.000/porsi.

Advertisement

Selain itu, rumah makan setempat juga memiliki menu sup ceker. Sup tersebut menyajikan sekitar sepuluh ceker yang sudah dipotong-potong menjadi dua bagian. Daging ceker yang lembut membuat penikmatnya mudah untuk memisahkan daging dari tulangnya. Kuah yang digunakan juga cukup unik karena memiliki rasa seperti kuah bakso. Menu tersebut dijual seharga Rp10.000/porsi.

“Kami juga memiliki beberapa menu sayur untuk dimakan bersama menu-menu yang lain, salah satunya adalah ca kangkung,” jelas Supervisor Ayam Penyet Surabaya Cabang Solo, Eko Danang F, saat ditemui solopos.com di warung makan setempat, Kamis (26/5/2016). Menu ca kangkung tersebut dijual seharga Rp11.000/porsi.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif