Soloraya
Jumat, 27 Mei 2016 - 08:00 WIB

WISATA KARANGANYAR : Pesona Hijau Kebun Teh Kemuning dari Ketinggian Paralayang

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Atlet olahraga paralayang terbang di atas Kebun Teh Kemuning pada Lomba Paralayang Nasional Ketepatan Mendarat (KTM) Paragliding Trip of Indonesia 2016 di Bukit Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Sabtu (21/5/2016). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Wisata Karanganyar banyak objek yang bisa dinikmati salah satunya Bukit Paralayang.

Solopos.com, KARANGANYAR – Kabupaten Karanganyar dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki objek wisata melimpah. Terletak di lereng Gunung Lawu, kabupaten ini menawarkan destinasi wisata alam yang memukau.

Advertisement

Karena itulah, solopos.com mengajak pembaca untuk menelusuri kemolekan Kebun Teh Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso dan objek wisata lain di sekitarnya.

Tepatnya pada Sabtu (21/5/2016) lalu, solopos.com berkesempatan menjelajahi seputaran kebun teh itu. Berjarak sekitar 25 km dari Kota Solo, Kebun Teh Kemuning menyajikan pemandangan hijau bak permadani.

Lokasinya yang bervariasi pada ketinggian antara 800 hingga 1.540 meter di atas permukaan laut (mdpl) memunculkan kontur bukit-bukit layaknya gunung kecil. Total luas area perkebunan teh yang sekitar 437 hektare itu terlalu sayang jika dilewatkan.

Advertisement

Beruntung, saat solopos.com berkunjung, event Lomba Paralayang sedang berlangsung. Memang, Kebun Teh Kemuning, tak hanya punya keindahan jajaran pohon teh, tapi juga landasan paralayang yang tersohor.

Lokasinya sedikit lebih jauh dari Pasar Kemuning. Tapi, kerasnya usaha kendaraan untuk tiba di landasan itu bakal terbayar dengan keindahan hamparan teh dari ketinggian. Landasan ini berada pada ketinggian 1.350 meter.

Bagi pengunjung yang berminat menjajal terbang di atas kebun teh, tawaran paralayang tandem dapat dilakukan dengan tarif beragam. Instruktur profesional siap menjadi pendamping saat tengah memacu adrenaline.

Advertisement

Syaratnya, cuaca cerah dan tidak terhalang kabut. Tapi, jika kurang menyukai olahraga paralayang, pengunjung dapat sekadar berkemping ria di bukit ini. Fasilitas kamar mandi dan warung makan tersedia di lokasi.

Untuk menuju bukit paralayang, pengunjung dari Kota Solo dapat memacu kendaraan menuju Jl.Solo-Tawangmangu sepanjang 25 km hingga tiba di pertigaan Karangpandan. Dari situ, ikuti papan petunjuk arah menuju Kebun Teh Kemuning. Setelah tiba di Pasar Kemuning, berbelok ke arah kanan sepanjang tiga kilometer. Letak bukit ini berada di Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif