Sport
Kamis, 26 Mei 2016 - 07:10 WIB

KARIER PELATIH : Mourinho Bakal Dikontrak 3 Tahun dengan Gaji Rp299 M

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jose Mourinho (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Karier pelatih Jose Mourinho yang digadang-gadang akan menangani Manchester United.

Solopos.com, MANCHESTER — Palu pemecatan untuk Louis van Gaal sebagai pelatih Manchester United akhirnya resmi diketuk, Senin (23/5/2016) waktu setempat. Manchester Merah pun disebut-sebut akan mengumumkan Jose Mourinho sebagai pelatih baru mereka, Rabu (25/5/2016).

Advertisement

Agen Mourinho, Jorge Mendes, dilaporkan menemui Executive Vice-Chairman, Ed Woodward, untuk membicarakan kontrak kliennya, Selasa (24/5/2016). The Special One, sebutan Mourinho, dilaporkan akan diikat kontrak berdurasi tiga tahun dengan bayaran 15 juta poundsterling (Rp299 miliar) per tahun.

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa, apabila kesepakatan itu tercapai, maka Manchester Merah akan memberi pengumuman resmi tentang pengangkatan Mourinho sebagai pelatih baru di Old Trafford, Rabu ini. Menjelang pengumuman tersebut, Mourinho terlihat mengemasi barang-barang di kediamannya di London, Selasa pagi.

Pelatih asal Portugal tesebut juga dilaporkan akan membawa sejumlah tangan kanannya sebagai staf pelatih, salah satunya asisten setianya, Rui Faria. Itu karena staf pelatih United di era Van Gaal juga ikut dipecat bersama manajer asal Belanda tersebut. Legenda United, Ryan Giggs, menjadi satu-satunya staf pelatih di era Van Gaal yang masih digantungkan nasibnya apakah tetap akan dipertahankan untuk menangani United bersama Mourinho atau tidak.

Advertisement

Perlu diketahui, Giggs sudah berada di Old Trafford selama kurang lebih 29 tahun sejak menjadi pemain belia. Menurut laporan manchestereveningnews.co.uk, Mourinho disebut-sebut akan membuat langkah mengejutkan dengan mengangkat Brian Kidd menggantikan Giggs. Seperti diketahui, Kidd merupakan salah satu mantan staf pelatih tim sekota United, Manchester City. Dia pernah pekerja sama dengan Manuel Pellegrini di bangku pelatih Manchester Biru.

Pengangkatan Kidd sebagai asisten Mourinho bakal membuat Derby Manchester musim depan semakin membara. Namun, tanpa Kidd harus menyeberang ke Old Trafford, derby Manchester musim depan dipastikan akan berlangsung panas. Itu tidak lain karena rivalitas Mourinho dengan pelatih baru City, Josep “Pep” Guardiola.

Sudah menjadi rahasia umum, Mourinho dan Guardiola memiliki rivalitas panas sejak kedua pelatih ini menangani tim Spanyol. Mourinho dengan Real Madrid dan Guardiola dengan Barcelona. Perang Mourinho Vs Guardiola jilid II akan terjadi di Manchester.

Advertisement

Di sisi lain, kedatangan Mourinho dan Guardiola di Manchester mendapat perhatian sejumlah pakar ekonomi. Sejumlah ahli ekonomi memprediksi keberadaan dua pelatih top dan bergelimang prestasi tersebut bisa memancing turis berdatangan ke Kota Manchester. Khususnya dari kawasan Asia. Imbasnya, perekonomian di Kota Manchester pun ikut terdongkrak karena keberadaan dua pelatih tersebut.

Sementara ahli keuangan sepak bola mengatakan kedatangan Mourinho bisa membuat tiket musiman di Old Trafford bakal bertambah, dan berdampak signifikan terhadap penjualan marchandise, seperti jersey.

“Ini benar-benar memperkuat posisi Manchester, berdampingan dengan Madrid, sebagai [kota] sepak bola berkuatan tinggi di Eropa. Absennya [United] di Liga Champions membuat mereka kehilangan potensi 50 juta poundsterling. Jadi [absen di Liga Champions] mengurangi uang masuk. Namun kedatangan Jose bisa membawa ekspektasi mengembalikan itu,” jelas Rob Smith dari Sheffield Hallam University.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif