Teknologi
Kamis, 26 Mei 2016 - 11:15 WIB

GOOGLE DOODLE : Sejarah Frankie Manning, Penari Kulit Hitam Pencipta Lindy Hop

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google Doodle dalam peringatan hari lahir Frankie Manning (Google.com)

Google Doodle kali ini menampilkan sosok penari Frankie Manning.

Solopos.com, SOLO — Dalam rangka memperingati hari lahir Frankie Manning, hari ini, Kamis (26/5/2016), muncul animasi penari berkulit hitam itu di Google Doodle. Temukan fakta-fakta kehidupan pencipta tarian Lindy Hop tersebut kali ini.

Advertisement

Frankie Manning lahir pada 26 Mei 1914, di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat. Ia juga dikenal sebagai Frank Manning.

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Kamis, darah menari Frankie Manning diturunkan dari sang ibu, yang merupakan seorang penari. Kendati demikian, Frankie Manning tidak lantas langsung bisa menari seperti sang ibu.

Dalam catatan sejarah, Frankie Manning kecil pernah diramal sang ibu tak akan bisa menjadi penari karena dinilai masih kaku. Namun, Frankie Manning tak ingin menyerah begitu saja.

Advertisement

Apa yang dikatakan sang ibu justru menjadi motivasi bagi Frankie Manning untuk bisa menjadi penari yang baik. Hal itu didasari pula dengan kesadarannya tentang kebahagiaan sang ibu yang berharap besar Frankie bisa menjadi penari.

Seiring berjalannya waktu, Frankie mampu menari dengan baik, hingga kemudian ia menciptakan tarian Lindy Hop. Sebuah tarian yang diiringi dengan lagu-lagu bernuansa jazz. Semasa hidup, ia juga rutin mengikuti perayaan Lindy Hopper.

Frankie Manning juga tercatat sebagai anggota Whitney’s Lindy Hoppers. Sayang, grup tersebut bubar karena Perang Dunia II. Sebagai warga negara AS, ia pun dikenai tugas sebagai prajurit di Angkatan Darat AS. Setelah PD II, pada 1947 Frankie Manning membuat grup kecil yang ia namai Congaroos.

Advertisement

Frankie Manning memulai lagi karier menarinya, hingga menjadi seorang koreografer yang berkeliling dunia. Frankie meninggal dunia di Manhattan, New York, AS, pada 27 April 2009.

Beberapa film yang pernah melibatkan Frankie Manning adalah A Day at the Races (1937), Radio City Revels (1938), Keep Punching (1939), Hellzapoppin (1941), Hot Chocolates (1941), Jittering Jitterbugs (1943), Killer Diller (1948), Malcolm X (1992), Stompin at the Savoy (1992), Jazz: A Film by Ken Burns (2000), Frankie Manning: Never Stop Swinging (2009).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif