Otomotif
Kamis, 26 Mei 2016 - 10:50 WIB

BURSA MOBIL: Mobil Termurah Sedunia, Jiangnan TT Cuma Rp30 Jutaan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Zotye Jiangnan TT tampak samping. (Motoroids.com)

Bursa mobil Tiongkok memiliki kendaraan paling murah di dunia.

Solopos.com, SHANGHAI – Jika penasaran mobil apa yang memiliki harga paling murah di dunia, Jiangnan TT adalah jawabannya. Kendaraan yang baru saja diluncurkan oleh Zotye Automobile itu dijual di bursa mobil Tiongokok.

Advertisement

Jiangnan TT memiliki tampilan sangat sederhana dan klasik. Sepintas bentuk serta ukurannya mirip Toyota Starlet dan Suzuki Forsa lansiran 1980-an. Di bursa mobil Tiongok, Jiangnan TT dijual seharga 15.800 yuan atau sekitar Rp32,9 juta.

Harga tersebut mengalahkan rekor mobil termurah sebelumnya yang dipegang oleh Tata Nano di India dengan banderol 206.000 rupee atau sekitar Rp41,8 juta.

Seperti dilansir laman Motoroids, Rabu (25/5/2016), Jiangnan TT dibangun dari platform Suzuki Alto 800. Tetapi Zotye kali ini tidak menjiplak, melainkan membeli basisnya secara resmi dari Maruti Suzuki Ltd India.

Advertisement

Di sektor dapur pacu, hatchback yang mampu memuat empat orang itu mengusung mesin 800 cc tiga silinder. Tenaganya tidak bisa dibilang besar, hanya 36 hp. Sedangkan torsinya mencatatkan angka 60 Nm saja.

Dibekali transmisi manual empat percepatan dan penggerak roda depan, Jiangnan TT diklaim mampu melesat hingga 120 km/jam. Meski begitu sangat tidak disarankan ngebut karena mobil itu belum dilengkapi fitur keselamatan apapun.

Zotye sendiri termasuk pabrikan besar di bursa mobil Tiongkok. Tetapi mereka kerap mengundang kontroversi karena sebagian besar produknya adalah hasil jiplakan. Salah satunya SUV Zotye SR8 yang bentuknya sangat mirip Porsche Macan.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif