Soloraya
Rabu, 25 Mei 2016 - 09:45 WIB

WISATA WONOGIRI: Taman Tombo Galau WGM akan Dipercantik dengan Wahana Baru

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pengunjung objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) mendatangi Taman Tombo Galau, Minggu (22/5/2016). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berencana mengembangkan wahana baru di sekitar taman tersebut. (Istimewa)

Wisata Wonogiri objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) akan menambah Tambah Wahana Baru

Solopos.com, WONOGIRI – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri berencana melanjutnya pembangunan taman remaja di sekitar Taman Tombo Galau area lokasi wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM). Anggaran yang digunakan adalah anggaran dari pemerintah pusat.

Advertisement

Kepala Disbudparpora, Sentot Sujarwoko, mengatakan tahun ini Disbudparpora memperoleh dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat sekitar Rp2,325 miliar. “Untuk wisata remaja, tentunya perlu sentuhan lagi kaitannya dengan fasilitas,” kata dia kepada wartawan, Minggu. Namun secara rinci pihaknya belum dapat menyampaikan fasilitas apa saja yang akan diberikan untuk pengunjung nantinya. Menurutnya Taman Tombo Galau tersebut termasuk bagian dari taman remaja yang direncanakan.

Taman Tombo Galau telah dibangun pada 2015 lalu. Taman tersebut terletak sekitar 10 meter dari perairan WGM. Lokasinya tepat di sebelah utara taman satwa. Saat ini taman tersebut telah ramai dikunjungi pengunjung yang ingin berfoto atau sekadar beristirahat.

Taman tersebut menghadap ke waduk. Sedangkan di belakang taman masih berupa lereng. Lokasi lereng itulah yang nantinya akan dikembangkan untuk melengkapi fasilitas taman remaja. Menurut Sentot akan ada semacam kampung galau di lokasi itu.

Advertisement

Ditambahkan oleh Sekretaris Disbudparpora, Fredi Sasono, Taman Tombo Galau baru 20 persen dari desain taman remaja. “Tapi secara keseluruhan, konsep belum bisa kami sampaikan,” kata dia. Terkait rencana penambahan fasilitas taman tersebut, Fredi mengatakan saat ini masih dilakukan penyesuaian perencanaan.

“Belum bisa lelang. Sebenarnya gambar sudah jadi dua bulan yang lalu. Namun karena ada surat edaran dari Kementerian Keuangan soal pengurangan DAK sebanyak 10 persen, maka gambar kami bongkar lagi,” kata dia.

Diharapkan penataan dan pembangunan objek wisata WGM dapat mendukung peningkatan pendapatan di sektor wisata. Diskatakan bahwa saat ini pendapatan daerah dari sektor wisata senilai Rp3,8 miliar per tahun.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif