Teknologi
Rabu, 25 Mei 2016 - 23:40 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Gandeng SK Telecom, Foxconn Siap Rilis Luna

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Luna Smartphone (Detik)

Smartphone terbaru Luna bikinan SK Telecom dan Foxconn siap hadir di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Foxconn kembali dipercaya menjadi rekanan untuk pabrikan ponsel terbaru. Kali ini yang digandeng adalah SK Telecom untuk memproduksi Luna Smartphone.

Advertisement

Seperti dilansir Detik, Rabu (25/5/2016), pabrikan asal Taiwan ini ditunjuk oleh sang operator asal Korea Selatan itu untuk memproduksi smartphone terbaru Luna.

Berbekal standar kualitas tinggi sebagaimana yang mereka buat pada Iphone, namun dengan harga lebih terjangkau. Respons dari konsumen terhadap produk ini tergolong sangat bagus.

Advertisement

Berbekal standar kualitas tinggi sebagaimana yang mereka buat pada Iphone, namun dengan harga lebih terjangkau. Respons dari konsumen terhadap produk ini tergolong sangat bagus.

Terlihat dari angka penjualan yang berhasil menembus 36.000 hanya dalam waktu tiga pekan dan kini menjadi market leader di kelas smartphone middle-end.

Kabarnya, smartphone terbaru yang laris di Korea Selatan itu akan segera masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Namun pihak Foxconn masih belum mau memberikan pernyataan sampai saatnya tiba.

Advertisement

Smartphone terbaru Rox V8 ditenagai oleh prosesor octa-core @2GHz, layar 5,5 inci IPS Full HD, fitur dual-SIM, RAM 4 GB, penyimpanan 64 GB, kamera depan 8 MP dan belakang 21 MP dan fitur fingerprint.

Keunggulan ponsel tersebut terletak di harganya yang dibanderol murah. Smartphone terbaru ROX V8 saja dibanderol dengan harga US$399 atau sekitar Rp5,5 juta.

Foxconn didirikan pada 1974 oleh seorang bernama Terry Gou. Menariknya, ia dulu hanya seorang buruh sebelum sukses menjadi pengusaha elektronik kelas dunia setelah mendirikan Hon Hai Precision Industry Company Ltd.

Advertisement

Perusahaan yang berkantor pusat di Taiwan tersebut masuk dalam 32 perusahaan teratas pada Forbes 500, dengan revenue U$148 miliar dan jumlah karyawan mencapai sekitar 1,5 juta orang serta memiliki hak paten lebih dari 54.000 di seluruh dunia.

Akuisisi yang dilakukan terhadap Sharp pada Maret lalu senilai US$3,5 miliar atau sekitar Rp46 triliun untuk dua pertiga saham tak lepas dari upaya perusahaan untuk semakin memperkuat pengaruhnya di sektor manufaktur.

Karena itu akan memberikan kesempatan untuk menguasai teknologi layar besutan Sharp yang dikenal berkualitas tinggi. Terlebih, Sharp memiliki beberapa paten kunci berhubungan dengan layar yang akan dimanfaatkan Foxconn saat memperluas bisnis panel layarnya.

Advertisement

Foxconn terkenal karena dominasinya sebagai manufaktur oursourcing sehingga populer dengan perusahaan dari Eropa, Jepang, dan Amerika yang ingin mengurangi biaya tenaga kerja tanpa mengorbankan kualitas.

Bahkan kualitasnya telah menjadi standardisasi pabrikan sehingga dipercaya oleh Apple untuk memproduksi smartphone dan tabletnya. Nama Foxconn semakin melambung berkat dikenal sebagai pabrikan untuk Iphone dan Ipad.

Apple memang telah menjadi klien utama sekaligus yang terbesar. Namun tak cuma itu, banyak juga beberapa perusahaan terkemuka yang mempercayakan produknya untuk dibuat di Foxconn.

Di sektor smartphone, selain Apple ada, Amazon, Sony, Blackberry dan kemudian pada tablet memproduksi Ipad, Amazon Kindle, dan Sony Xperia.

Tak hanya di smartphone dan tablet saja, namun Foxconn juga memperluas cakupannya sebagai manufaktur untuk teknologi Internet of Things dengan memproduksi perangkat PC, display, TV, printer, server, switches, set-top-box, gaming, base station, electronic vehicle, dan robot.

Mereka menyebutnya sebagai penyedia solusi total berteknologi tinggi terbesar di dunia dan menjadi partner pilihan untuk semua aspek layanan pabrikan kontrak di sektor Computer, Communication, and Consumer-electronics atau 3C.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif