News
Rabu, 25 Mei 2016 - 22:30 WIB

KONTROVERSI LION AIR : Izin Penerbangan Ekstra Lion Ditolak, Pengamat: Banyak Masalah!

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembatasan jumlah penumpang

Kontroversi Lion Air berujung penolakan izin penerbangan ekstra maskapai itu.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan tidak memberikan izin penambahan penerbangan kepada Lion Air pada musim Lebaran 2016. Kemenhub baru memberikan izin extra flight pada empat maskapai antara lain Indonesia AirAsia sebanyak satu rute, Indonesia AirAsia Extra dua rute, PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) empat rute, dan Batik Air sebanyak 14 rute.

Advertisement

Direktur Arista Indonesia Aviation Center (AIAC) Arista Atmadjati menilai penolakan permintaan extra flight Lion Air merupakan kelanjutan dari sanksi yang diberikan Kemenhub sebelumnya. “Lion Air banyak sekali masalahnya sepanjang semester pertama tahun ini, dari delay yang berkepanjangan akibat aksi mogok segelintir pilot hingga penumpang internasional yang salah masuk terminal,” tuturnya.

Arista menilai keputusan Kemenhub untuk tidak memberikan extra flight bagi Lion Air cukup wajar. Pasalnya, secara historis, Lion Air seringkali tidak siap untuk melayani penerbangan ketika peak season. Baca juga: Lion Air & AirAsia Akhirnya Lolos dari Sanksi.

Meski begitu, lanjutnya, Kemenhub juga harus memikirkan kemungkinan adanya kekurangan kapasitas angkutan udara pada musim Lebaran nantinya. Apabila tidak, penumpang akan menjadi yang paling dirugikan.

Advertisement

“Tetapi saya lihat, mungkin bisa dipenuhi oleh maskapai-maskapai lainnya, seperti Garuda, Sriwijaya, Citilink. Bahkan, bisa juga dipenuhi oleh maskapai dari Lion Air Group, seperti Batik Air,” ujarnya.

Di sisi lain, Arista mengakui potential loss yang akan dihadapi Lion Air nantinya cukup besar, apabila tidak diberikan extra flight. Meski demikian, dia menilai penolakan tersebut harus dijadikan pembelajaran bagi Lion Air untuk lebih baik lagi ke depannya.

Dimintai keterangan terkait penolakan izin itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid tidak membantah bahwa Kemenhub menolak permintaan extra flight Lion Air. Sayangnya, dia enggan menjelaskan apa yang menjadi pertimbangan dari penolakan tersebut

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif