News
Rabu, 25 Mei 2016 - 11:15 WIB

Sidang PK Freddy Budiman Digelar, 150 Polisi Jaga Ketat PN Cilacap

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Terpidana mati kasus narkotika Freddy Budiman (tengah), mendapatkan pengawalan saat akan menjalani sidang peninjauan kembali di PN Cilacap, Jateng, Rabu (25/5/2016). Freddy mengajukan peninjauan kembali terhadap vonis hukuman mati yang diterimanya menjelang kabar akan dilaksanakan eksekusi terhadap terpidana mati kasus narkoba tahap ketiga. (JIBI/Antara Foto/Idhad Zakaria)

Polisi berjaga-jaga di PN Cilacap jelang Sidang PK Freddy Budiman.

Solopos.com, CILACAP – Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah menurunkan sekitar 150 personel untuk mengamankan jalannya sidang peninjauan kembali (PK) Freddy Budiman yang akan digelar di Pengadilan Negeri Cilacap, Rabu (25/5/2016).

Advertisement

“Kita sudah siapkan 150 personel untuk mengamankan jalannya sidang, mulai dari pengawalan, pengamanan jalur dan juga pengamanan,” kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Cilacap, AKP Bintoro Wasono seperti dilansir detikcom.

Pengamanan tersebut akan dilakukan di beberapa titik sepanjang perjalanan dari lapas di Pulau Nusakambangan hingga Pengadilan Negeri Cilacap sampai jalannya sidang.

Menurut dia,jumlah tersebut, sangat jauh berbeda dengan pengamanan yang dilakukan saat persidangan Abu Bakar Baasyir beberapa waktu lalu yang menurunkan seribuan lebih personel polisi hingga menutup sepanjang jalan di depan PN Cilacap.

Advertisement

“Kalau Fredy Budiman kan kasus narkoba, keamanannya ya beda. Kalau teroris kan punya massa, apalagi kayak Abu Bakar Baasyir, yang jelas punya massa, antisipasinya jelas beda,” ujarnya.

Freddy Budiman merupakan salah satu terpidana mati yang awalnya dikabarkan masuk dalam daftar eksekusi mati tahap tiga. Freddy divonis mati karena terbukti menyelundupkan 1,4 juta butir ekstasi dari dalam Lapas Cipinang Jakarta.

Sidang PK Freddy Budiman rencananya akan di mulai pada pukul 09.00 WIB, dengan dipimpin oleh hakim Ketua Catur Prasetyo SH, hakim anggota Cokia pontia dan Avilia Sari. Namun dari informasi yang beredar, sidang Freddy Budiman akan dilaksanakan setelah sidang napi teroris yang berkelahi di dalam lapas Nusakambangan.

Advertisement

Dari pantauan detikcom, pengamanan sidang oleh anggota Kepolisian tidak terlalu ketat, di gerbang masuk PN semua pengunjung diperiksa kelengkapannya oleh anggota kepolisian. Sebelum memasuki pintu utama, para pengunjung sidang juga kembali diperiksa barang bawaannya.

Freddy Budiman sendiri tiba di PN Cilacap pada pukul 09.30 WIB bersama dua napi lainnya yang akan disidangkan di PN Cilacap dengan pengawalan ketat anggota kepolisian bersenjata menggunakan mobil transpas. Freddy datang ke persidangan dengan menggunakan gamis dengan kopiah langsung dibawa anggota kepolisian menuju ruang transit terpidana yang akan disidangkan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif