Jatim
Rabu, 25 Mei 2016 - 07:05 WIB

DESA BERPRESTASI : Gemaharjo Masuk 4 Besar Lomba Desa Tingkat Jatim

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Jatim, Suriaman, meninjau Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Selasa (24/5/2016). (pacitankab.go.id)

Prestasi Pacitan datang dari Desa Gemaharjo yang masuk nomine empat besar lomba desa terbaik.

Madiunpos.com, PACITAN — Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, nomine empat besar Lomba Desa tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2016. Selain Pacitan, tiga kabupaten lain yang masuk nomine yaitu Bondowoso, Gresik, dan Ponorogo.

Advertisement

Ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Jatim, Suriaman, mengatakan setelah mengikuti seleksi, Desa Gemaharjo dinyatakan lolos empat besar dalam lomba desa itu. Dia mengatakan hampir setiap tahun Kabupaten Pacitan selalu aktif dan masuk nominasi lomba.

“Ada empat kabupaten yang lolos ke babak empat besar yaitu Pacitan, Bondowoso, Gresik, dan Ponorogo. Pacitan menjadi salah satu kabupaten yang setiap tahun masuk nominasi,” kata dia saat mengunjungi Desa Gemaharjo, Selasa (24/5/2016).

Dia mengatakan prestasi yang diraih Pacitan tentu bukan secara tiba-tiba. Menurut dia, Pacitan memiliki pola pembinaan yang berbeda dari daerah lain.

Advertisement

Dia mencontohkan pola pembinaan terpadu dengan melibatkan semua pihak, baik pemerintah daerah, SKPD terkait, pemerintah desa, dan masyarakat.

“Seperti instruksi dari Gubernur Jawa Timur, dalam lomba ini akan dicari yang terbaik dan terhebat. Sesuai jargonnya Jatim, Jaya Luar Biasa,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari laman pacitankab.go.id, Selasa.

Bupati Pacitan, Indartato, mengatakan bangga atas capaian Desa Gemaharjo yang telah masuk nomine empat besar Lomba Desa tingkat Jatim 2016. Dia berharap dengan potensi dan peran serta masyarakat, Desa Gemaharjo bisa menjadi yang terbaik di tingkat provinsi hingga nasional.

Advertisement

“Desa Gemaharjo ini sangat luar biasa. Semoga bisa ditiru desa-desa yang lain,” ujar dia.

Indartato menambahkan Desa Gemaharjo memiliki program yang inovatif, seperti layanan serta ruang informasi melalui internet desa. Melalui terobosan itu, seluruh potensi dan informasi desa bisa diakses melalui website resmi milik pemerintah desa.

“Desa Gemaharjo juga memiliki prestasi lain yaitu menjadi peserta terbaik dalam lomba Posyandu tingkat Provinsi Jatim serta masuk penilaian tingkat nasional lomba perpustakaan desa,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif