Otomotif
Rabu, 25 Mei 2016 - 14:10 WIB

BURSA MOBIL: Meski Kekar, 3 Muscle Car Ini Tak Lolos Uji Tabrak

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Uji tabrak Ford Mustang oleh IIHS. (Autoblog.com)

Bursa mobil AS segmen muscle car tidak semuanya lolos uji tabrak.

Solopos.com, KALIFORNIA – Di bursa mobil Amerika Serikat (AS) ada tiga muscle car terpopuler, yaitu Chevrolet Camaro, Ford Mustang, dan Dodge Challenger. Ternyata semuanya tidak lolos dalam uji tabrak mobil karena fitur keselamatannya kurang.

Advertisement

Presiden Lembaga Independen Pengawas Transportasi AS (IIHS), Adrian Lund menjelaskan tiga mobil berbodi kekar itu memiliki mesin dan tenaga besar serta kecepatan tinggi sehingga wajib diuji dengan metode khusus bernama Top Safety Pick.

Tetapi hasilnya sangat mengecewakan. Lund menyebut baik Camaro, Mustang, maupun Challenger tidak ada yang lolos ketika dites dengan standar khusus tersebut. Bahkan saat standarnya diturunkan menjadi seperti mobil biasa, yang lolos hanya Camaro.

“Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, tiga mobil itu ternyata tidak lebih aman dari mobil keluarga,” ungkap Lund seperti dilansir laman Autoblog, Selasa (24/5/2016).

Advertisement

Mobil yang identik dengan robot Transformers Bumblebee itu mendapat predikat Baik  dalam uji tabrak dari depan dengan kecepatan 64 km/jam. Di bawahnya ada Ford Mustang dengan predikat Cukup. Paling parah adalah predikat Sangat Kurang yang diperoleh Dodge Challenger.

Buruknya hasil uji tabrak tersebut, menurut Lund dikarenakan tiga muscle car yang dijual di bursa mobil AS itu memiliki ruang kabin depan sempit yang membuat pengemudi berisiko cedera serius pada kaki. Selain itu ketiganya juga tidak dilengkapi fitur crash avoidance yang menjadi standar untuk mobil keluarga.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif