Otomotif
Rabu, 25 Mei 2016 - 14:32 WIB

BURSA MOBIL: Begini Cara Suzuki Curangi Data Efisiensi BBM

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Grille mobil Suzuki. (Bloomberg.com)

Bursa mobil Jepang diramaikan kabar Suzuki yang mencurangi data konsumsi BBM.

Solopos.com, TOKYO – Kementerian Transportasi Jepang telah selesai menyelidiki 16 produk Suzuki di bursa mobil Negeri Sakura yang diketahui menyalahi aturan pengujian sehingga menghasilkan data efisiensi bahan bakar minyak (BBM) yang salah.

Advertisement

Berdasarkan peraturan di Jepang, pabrikan diharuskan menguji mobil secara langsung di jalanan selama beberapa hari dengan metode yang disebut coasting test dan memasukkan kondisi cuaca serta kepadatan lalu lintas Jepang sebagai variabel hitungan.

Sedangkan Suzuki, sebagaimana dilansir laman Japan Times, Senin (23/5/2016), pabrikan berlambang S itu benar dalam hal variabel kepadatan lalu lintas. Tetapi Suzuki tidak jujur dalam variabel cuaca lantaran pengetesan untuk aspek tersebut dilakukan di dalam ruangan dengan bantuan terowongan angin (wind tunnel).

Terkait temuan tersebut, Kementerian Transportasi Jepang meminta Suzuki untuk mengajukan laporan lebih lanjut tentang metode pengujian itu selambat-lambatnya 31 Mei 2016. Dari laporan itu nantinya akan diputuskan Suzuki bersalah atau tidak.

Advertisement

Sebelumnya, Suzuki mengakui telah melakukan pengujian dengan cara tersebut sejak beberapa tahun terakhir. Itu lantaran letak geografis pabrik Suzuki memiliki kecepatan dan arah angin yang cenderung tidak stabil.

Meski begitu Suzuki menjamin metode pengujian tersebut hanya dilakukan pada produk yang beredar di bursa mobil Jepang. Mereka adalah Suzuki Alto, Alto Lapin, Wagon R, Hustler, Spacia, Every, Carry, Jimny, Solio, Ignis, Baleno, SX4 S-Cross, Swift, Escudo, Escudo 2.4, dan Jimny Sierra. Seluruhnya diproduksi pada 2010-2016.

Sementara produk yang dijual di luar Jepang tetap diuji menggunakan standar yang disepakati secara global.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif