Teknologi
Selasa, 24 Mei 2016 - 14:00 WIB

SITUS LOWONGAN KERJA : Bantu Pencari Kerja, Jobstreet Hadirkan Fitur Company Reviews

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pertumbuhan Pengguna Jobstreet)

Situs lowongan kerja Jobtreet.com merilis fitur Company Reviews.

Solopos.com, JAKARTA — Punya bekal informasi yang cukup tentang perusahaan yang ingin dibidik tentu jadi hal yang positif saat proses rekrutmen. Tenang, untuk mendapatkan informasi tersebut ternyata mudah.

Advertisement

Caranya kunjungi saja situs lowongan kerja,Jobstreet.com. Jobstreet baru saja meluncurkan fitur Company Reviews. Fitur ini bertujuan memberikan informasi kepada pencari kerja mengenai latar belakang sebuah perusahaan secara transparan.

Peluncuran fitur Company Reviews dilakukan bertepatan dengan peringatan sepuluh tahun kehadiran Jobstreet di Indonesia. Fitur Company Reviews mudah digunakan oleh para pekerja untuk memberikan ulasan mengenai perusahaan dan lingkungan kerja mereka.

Advertisement

Peluncuran fitur Company Reviews dilakukan bertepatan dengan peringatan sepuluh tahun kehadiran Jobstreet di Indonesia. Fitur Company Reviews mudah digunakan oleh para pekerja untuk memberikan ulasan mengenai perusahaan dan lingkungan kerja mereka.

Ulasan yang tersedia dapat dijadikan acuan bagi para pencari kerja untuk mengetahui latar belakang sebuah perusahaan dalam proses melamar pekerjaan.

Chief Product Officer SEEK Asia selaku induk perusahaan Jobstreet, Jake Andrew, mengatakan setiap pencari kerja akan berupaya mencari tahu tentang perusahaan yang dilamar. Terkadang mereka mendapat informasi yang kurang tepat karena informasi diberikan oleh orang yang belum pernah bersinggungan dengan perusahaan yang dilamarnya.

Advertisement

Untuk memberikan kenyamanan bagi pemberi informasi, identitas mereka akan dirahasiakan karena semua ulasan bersifat anonim. Di sisi lain, perusahaan juga dapat memberikan tanggapan terhadap ulasan yang tersedia.

“Biasanya perbincangan mengenai lingkungan kerja dilakukan secara kasak-kusuk dan tertutup di antara teman-teman sendiri. Fitur Company Reviews menjadikannya terstruktur dan tempat berkumpul di mana semua perbincangan tersebut terjadi secara transparan,” lanjut Jake.

“Ulasan-ulasan yang diberikan dimonitor agar memenuhi aturan komunitas yang dibuat oleh Jobstreet. Dengan demikian ulasan-ulasan tersebut akan bermanfaat bagi pencari kerja di Indonesia, sekaligus menghindari spam dan penyalahgunaan,” imbuhnya.

Advertisement

Dua pihak baik pencari kerja dan penyedia kerja memperoleh manfaat dari fitur Company Reviews. Pencari kerja mendapat informasi berharga mengenai perusahaan yang dilamar dari sumber yang terpercaya yakni para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan yang dilamar. Informasi ini akan membantu mereka menentukan perusahaan yang cocok untuk mereka.

Sementara, perusahaan penyedia kerja juga diuntungkan karena mereka menerima lamaran kerja dari orang-orang yang lebih antusias terhadap perusahaan, dan fokus pada para pelamar yang lebih siap dengan lingkungan kerja.

Perusahaan juga dapat memberikan tanggapan terhadap komentar paara pelamar kerja, mengkomunikasikan tunjangan dan fasilitas yang disediakan perusahaan atau employer value proposition dan memberikan gambaran terkini dari lingkungan kerja perusahaan.

Advertisement

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Jobstreet terhadap lebih dari 10.000 pencari kerja di Indonesia, 3.500 responden menyatakan generasi Y akan berpindah kerja setelah 12 bulan dengan alasan tidak merasa bahagia, perkembangan karir yang lebih pesat, dan tunjangan gaji yang lebih besar.

Pemicu dari alasan-alasan tersebut adalah pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat, lingkungan yang kurang sesuai, atau hubungan yang tidak harmonis dengan atasan.

“Jika dicermati, mudahnya generasi Y memutuskan pindah kerja pada dasarnya disebabkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang mereka alami di perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini bisa jadi disebabkan mereka menerima informasi yang tidak sahih mengenai perusahaan saat mereka melamar. Fitur Company Reviews hadir untuk meminimalisir informasi yang tidak tepat tersebut sehingga pekerja pun lebih siap dengan kerja dan lingkungan kerja mereka,” ungkap Country Manager JobStreet Indonesia, Faridah Lim.

Selama sepuluh tahun kehadirannya di Indonesia, JobStreet sendiri telah melalui perkembangan pesat dengan menjadi bagian dari SEEK Asia merupakan perluasan dari SEEK, yakni perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Australia yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui karier yang lebih baik di tahun 2014.

SEEK Asia memilliki lebih dari 500.000 members perusahaan dan 24 juta pencari kerja. Pesatnya perkembangan pengguna Jobstreet Indonesia sejak tahun 2006 pun menunjukkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai keberadaan situs pencarian kerja online.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif