Otomotif
Selasa, 24 Mei 2016 - 14:39 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA: Skutik Roda 3 Tricity Meluncur, Masuk Indonesia?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Unit Yamaha Tricity 155 di Indonesia. (Iwanbanaran.com)

Sepeda motor Yamaha Tricity menggunakan mesin serupa milik Nmax.

Solopos.com, IWATA – Sepeda motor Yamaha Tricity bermesin 155 cc resmi diluncurkan di markas Yamaha Motor Company (YMC) di Iwata, Jepang. Skuter matik (skutik) itu terbilang unik karena memiliki tiga buah roda.

Advertisement

Secara tampilan, sepeda motor Yamaha Tricity 155 nyaris tidak berubah dari Tricity 125 yang meluncur di Thailand pada Maret 2014 lalu. Memiliki dua roda di depan dan satu di belakang. Tetapi YMC mengklaim ada beberapa perubahan yang cukup drastis.

Seperti dilansir laman Overdrive, Senin (23/5/2016), Tricity terbaru menawarkan tenaga lebih besar, yakni 15 hp/14,1 Nm namun dengan efisiensi bahan bakar lebih baik berkat mesin 155 cc blue core bertenaga yang diadopsi dari Nmax.

Di sektor pengendalian, Tricity 155 sudah menerapkan lean multi wheel (LWM) yang membuat proses berbelok lebih mudah. Masing-masing roda depan dilengkapi suspensi teleskopik tunggal. Sedangkan roda belakang menggunakan suspensi ganda. Sasisnya pun baru dan diklaim lebih rigid sehingga posisi berkendara lebih nyaman.

Advertisement

Di bawah jok, YMC menempatkan bagasi berkapasitas 23,5 liter yang telah dilengkapi soket listrik DC yang berfungsi untuk mengisi daya gadget. Layaknya sebuah mobil, Tricity 155 juga sudah dibekali rem parkir.

Dalam siaran resminya, YMC menyebut sepeda motor Yamaha Tricity 155 akan diproduksi di Thailand dan dipasarkan secara global. Di benua Eropa, skutik penantang Piaggio MP3 itu akan dijual mulai 4.499 euro atau sekitar Rp68,8 juta.

Sementara di Tanah Air, PT Yamaha Indonesia (YIMM) memang belum memberi pernyataan apapun terkait Tricity 155.

Advertisement

Tetapi sebuah foto yang diunggah pengamat otomotif Iwan Banaran dalam blog miliknya menunjukkan bahwa skutik itu sudah nongol di salah satu diler Yamaha di Jakarta. Meski harganya belum dibuka, diprediksi angkanya berada di kisaran Rp70 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif