Otomotif
Selasa, 24 Mei 2016 - 14:14 WIB

BURSA MOBIL: Polo Jadi Senjata VW Indonesia Hadapi Mobil Jepang

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - VW Polo 1.2 TSI. (Okezone.com)

Bursa mobil VW di Indonesia didominasi hatchback.

Solopos.com, JAKARTA – Pemegang merek Volkswagen (VW) di bursa mobil Indonesia, PT Garuda Mataram Motor (GMM) mengaku sempat kesulitan bersaing dengan pabrikan Jepang, terutama jika menyangkut harga mobil.

Advertisement

Tetapi masalah itu sedikit teratasi semenjak GMM mendatangkan VW Polo 1.2 TSI. Karena diimpor dari India, harganya bisa dipasang di angka Rp259 juta dan kini dapat diandalkan sebagai hatchback “pembunuh” Toyota Yaris, Honda Jazz, dan Mazda2.

“Karena Polo diambil dari India, pajaknya lebih rendah jadi kami bisa patok harga yang kompetitif. Kalau dari negara lain, value-nya bisa Rp300 juta lebih,” papar Sales Manager GMM Jonas Chendana seperti dilansir laman Okezone, Minggu (22/5/2016).

Seperti diketahui, VW Polo 1.2 TSI dibekali mesin bensin 1.200 cc turbocharged. Tenaganya yang 105 hp memang tidak sebaik kompetitornya, namun torsi 175 Nm merupakan yang terbesar di kelasnya.

Advertisement

Selain dengan VW Polo, GMM juga mengandalkan hatchback lain seperti VW Scirocco dan VW Golf.

Sebelumnya, penjualan GMM di bursa mobil Indonesia bertumpu pada VW Tiguan. Tetapi karena nilai tukar rupiah terhadap euro yang melemah, harga SUV yang diimpor utuh dari Jerman itu terkerek naik menjadi Rp495 juta dari yang awalnya Rp425 juta.

GMM sempat mengatakan akan meluncurkan produk baru tahun ini. Tetapi skandal emisi yang menimpa prinsipal VW di Jerman sepertinya membuat proyek tersebut sedikit tertunda.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif