Teknologi
Selasa, 24 Mei 2016 - 01:00 WIB

APLIKASI TERBARU : Code Saya: Solusi Mudah Belajar Coding

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Code Saya (Detik)

Aplikasi terbaru Code Saya diluncurkan untuk memudahkan pengguna belajar Coding.

Solopos.com, JAKARTA — Belajar coding susah, tidak tahu harus mulai dari mana. Anggapan semacam ini umum bagi pemula. Pengembang bernama Ganis Zulfa Santoso kemudian melihatnya sebagai peluang dan terpikir membuat aplikasi terbaru CodeSaya.com.

Advertisement

CodeSaya.com adalah platform belajar coding berbasis web. Di platform ini pengunjung bisa belajar coding secara gratis dan interaktif langsung di browser tanpa perlu instal apapun,” kata Ganis, demikian sapaan akrabnya, seperti dilansir Detik, Senin (23/5/2016).

Ganis menilai, di era yang semakin digital, Indonesia perlu melahirkan banyak coder. Di sisi lain, sumber informasi dan pembelajaran tentang programming atau coding di Indonesia terbilang masih minim. Hal inilah yang menggerakkan Ganis dan timnya membangun aplikasi terbaru Code Saya.

Advertisement

Ganis menilai, di era yang semakin digital, Indonesia perlu melahirkan banyak coder. Di sisi lain, sumber informasi dan pembelajaran tentang programming atau coding di Indonesia terbilang masih minim. Hal inilah yang menggerakkan Ganis dan timnya membangun aplikasi terbaru Code Saya.

“Alasan lainnya adalah membangun aplikasi terbaru Code Saya itu technically challenging. Tidak mudah membuat produk seperti Code Saya, dan itu adalah tantangan buat kami,” tutur Ganis.

Ditambahkan Ganis, saat ini jumlah pengguna CodeSaya sudah lebih dari 10.000 orang. Tercatat ada hampir 1 juta kode yang disimpan di aplikasi terbaru Code Saya.

Advertisement

Sejak diluncurkan Juni 2013 lalu, Code Saya sudah mengalami banyak perubahan dan penambahan fitur. Semua fiturnya tentu saja pada intinya untuk memudahkan belajar coding. Fitur-fitur tersebut di antaranya sebagai berikut:

Belajar Interaktif

Pengguna bisa praktek langsung di browser tanpa perlu install apa saja. Fitur ini membuat entry barrier bagi pemula sangat kecil. Karena hanya dengan Firefox atau Google Chrome, mereka bisa langsung coding. Kebetulan fitur semacam ini belum ada di Indonesia.

Advertisement

Gaming System

Aplikasi terbaru Code Saya menggunakan sistem pemberian pangkat bagi pengguna. Semakin banyak soal yang dikerjakan, akan semakin tinggi pangkatnya. Ini akan memacu pengguna terus belajar. Seperti dalam game, mereka akan tertantang mencapai level berikutnya.

Artikel

Advertisement

Pengguna bisa menulis artikel di aplikasi terbaru Code Saya. Artikelnya bisa berupa tutorial, berita, atau opini. Artikel-artikel yang dibagi di sini bisa menjadi bahan bacaan dan ajang saling berbagi dengan coder lain.

Weekly Coder

Coder terbaik dan yang paling membantu lainnya akan dipajang di halaman depan dari aplikasi terbaru Code Saya. Ini menjadi semacam reward yang membuat pengguna semakin tertantang untuk terus belajar.

Diskusi

Pengguna bisa berdiskusi satu sama lain, mulai dari membahas sebuah soal, hingga berbagi hal lain yang bisa menambah ilmu berkaitan dengan coding.

Materi Pembelajaran

Aplikasi terbaru Code Saya menyediakan materi teori dan praktek. Pembelajarannya dibagi per bab, kemudian per sub bab dan setelahnya perunit. Setiap unitnya, Code Saya akan memberikan materi singkat.

Nah, setelah itu, pengguna akan diminta mengerjakan instruksi untuk memeriksa pemahamannya, agar pembelajaran praktek selalu terkontrol. Sistem akan mengecek, memastikan pengguna benar-benar mengerti atau tidak.

Di aplikasi terbaru Code Saya, pengguna bisa belajar coding untuk Python, PHP, JavaScript, dan Git. Total saat ini sekitar 300 unit soal yang bisa dipelajari oleh pengguna. Materi lainnya dijanjikan sedang dalam pengembangan.

Advertisement
Kata Kunci : Aplikasi Terbaru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif