Soloraya
Senin, 23 Mei 2016 - 16:15 WIB

SMART CITY BOYOLALI : Pemkab Akan Belanja 1.000 Kamera CCTV

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi speed camera. (eyeview-cctv.com)

Smart city Boyolali, Dishubkomkinfo Boyolali diminta membeli 1.000 kamera CCTV.

Solopos.com, BOYOLALI–Bupati Seno Samodro meminta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Boyolali mulai merancang kebutuhan anggaran 2017 untuk membeli 1.000 unit kamera circuit camera television (CCTV).

Advertisement

1.000 unit kamera CCTV akan dipasang di sepanjang jalan milik kabupaten yang panjangnya mencapai 560 kilometer. “Jadi nanti kalau ada pencuri beraksi di Boyolali, sebelum keluar Ampel sudah bisa tertangkap,” kata Seno.

Masyarakat juga akan mendapatkan jaminan keselamatan di jalan raya atau di tempat umum. Kamera yang beroperasi selama 24 jam bisa merekam setiap kegiatan masyarakat.

“Jika ada tindak kejahatan, maka kejadiannya langsung terekam kamera CCTV yang ada. Ini akan memudahkan petugas kepolisian melacak pelaku kejahatan di jalan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat,” kata Seno.

Advertisement

Pemasangan 1.000 kamera CCTV merupakan bagian dari proyek smart city yang akan dikembangkan Seno lima tahun ke depan.

Kepala Dishubkominfo Boyolali, Bony Facio Bandung, menyampaikan belanja 1.000 kamera CCTV akan dilakukan pada anggaran 2017. Dia belum bisa memperhitungkan nilai anggaran yang diperlukan. Namun, harga CCTV yang memiliki kualitas cukup bagus  berkisar Rp5 juta/unit. Jadi, anggaran yang dibutuhkan berkisar Rp5 miliar. “Itu belum dengan perangkat lainnya,” kata Bony, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (23/5/2016).

??Tahun ini, Dishubkominfo baru memasang lima CCTV di jalan. CCTV itu dipasang di Kompleks Pemkab Boyolali, di sekitar bulevar, dan di Simpang Lima.

Advertisement

“Untuk pemasangan 1.000 kamera CCTV itu juga nanti bertahap. Saya juga tidak tahu apakah saya masih di Dishubkominfo atau tidak nanti. Tahap pertama ya lima kamera CCTV yang mulai pasang tahun ini,” ujar dia.

Dishubkominfo belum menghitung berapa rata-rata jarak antara satu CCTV dengan CCTV lainnya. Meskipun akan dipasang di sepanjang jalan, namun pemasangan pada tahap awal akan fokus di persimpangan-persimpangan jalan.  “Yang jelas nanti di setiap perempatan atau pertigaan jalan akan ada kamera CCTV.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif