Soloraya
Senin, 23 Mei 2016 - 20:40 WIB

KEBAKARAN KLATEN : Rumah Dinas Pendeta di Manisrenggo Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah perabot dan bagian bangunan di rumah dinas pendeta GKJ Manisrenggo menjadi arang setelah api membakar bangunan itu, Senin (23/5/2016) dini hari. Api diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Kebakaran Klaten terjadi di rumah dinas GKJ Manisrenggo.

Solopos.com, KLATEN–Rumah dinas pendeta di GKJ Manisrenggo, Dukuh Randukeling, Desa Tanjungsari, Manisrenggo terbakar, Senin (23/5/2016) dini hari. Tak ada korban jiwa dari peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, peristiwa itu kali pertama diketahui sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, penghuni rumah Sih Mardiyati, 54, dan suaminya Paulus Yakto Karsono, 56, dalam kondisi tidur.

“Saat itu saya tidur. Ketika terbangun kok kondisi listrik mati, kemudian saya mencium bau asap. Saya lantas lari keluar rumah dan meminta tolong warga karena merasa tidak mampu mau mengatasi sendiri,” kata Sih Mardiyati saat ditemui di lokasi kejadian, Senin.

Sih Mardiyati mengatakan dari kejadian itu beberapa bagian rumah rusak berat termasuk barang-barang berharga yang ada di dalamnya. Ia tak mengetahui secara persis besar kerugian akibat kejadian itu, tetapi diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Advertisement

“Selain perabotan, barang berharga seperti sertifikat dan ijazah serta perhiasan ikut terbakar,” kata dia.

Lantaran tak bisa ditempati, Sih Mardiyati untuk sementara mengungsi. Untuk sementara, keluarga Sih Mardiyati tinggal di rumah salah satu warga gereja yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Berdasarkan pantauan, api merusakkan bagian bangunan meliputi ruang tamu serta dua ruang lainnya. Atap ketiga ruang tersebut rusak parah lantaran dilalap si jago merah. Sementara, seusai polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), warga melakukan kerja bakti guna membersihkan bangunan dari puing-puing sisa kebakaran.

Advertisement

Kapolsek Manisrenggo, AKP Kanang Asiyanto, mengatakan api bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB. Tak ada korban jiwa dari kejadian itu lantaran sebelum api membesar penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri.

Terkait penyebab kebakaran, Kanang menjelaskan api diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik.

“Diduga korsleting di salah satu ruangan yang lokasinya dekat dengan kasur,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif