Otomotif
Minggu, 22 Mei 2016 - 11:32 WIB

SEPEDA MOTOR HONDA : Scoopy Terbaru AHM Bakal Usung Roda 12 Inci?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda Scoopy-i Club 12 Thailand. (Autospinn.com)

Sepeda motor Honda Scoopy di Indonesia akan mirip unit di Thailand.

Solopos.com, SOLO — Sejak muncul kali pertama di Indonesia, sepeda motor Honda Scoopy selalu mengusung pelek berdiameter 14 inci. Tetapi pada versi terbarunya nanti, skuter matik (skutik) itu kabarnya akan dibekali pelek berukuran lebih kecil.

Advertisement

Menurut bocoran yang diperoleh pengamat otomotif Taufik Hidayat, saat ini PT Astra Honda Motor (AHM) tengah mengerjakan proyek sepeda motor berkode K93A yang mengarah ke sosok generasi terbaru dari skutik bergaya retro Scoopy.

Perubahan paling kentara dan sudah terkonfirmasi dari pihak internal AHM adalah diameter pelek yang menyusut menjadi 12 inci. Sedangkan tapaknya akan melebar meski belum diketahui ukuran pastinya.

“Sementara baru itu [bocoran] yang masuk. Kalau fisiknya, saya rasa AHM akan tetap mempertahankan sosok dimensi membulat yang menjadi ciri khas skutik retro modern ini,” ungkap Taufik dalam laman Tmcblog, Sabtu (21/5/2016).

Advertisement

Penggunaan pelek 12 inci pada Scoopy sebenarnya bukan hal baru. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, unit di Thailand sudah menerapkan pelek mungil itu sejak 2013 lalu. Nama Scoopy pun sedikit diubah menjadi Scoopy-i Club 12.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa skutik yang mengadopsi pelek 12 inci meski jumlahnya tidak banyak. Sebut saja Yamaha Grand Filano, Peugeot Django, dan Vespa Sprint 150.

Taufik menambahkan ada dua hal yang masih menjadi misteri pada sepeda motor Honda Scoopy terbaru, yakni sektor lampu dan mesin. Rumor yang beredar menyebut lampu utama akan mengadopsi model LED Projector. Sedangkan kapasitas mesinnya naik dari 110 cc menjadi 125 cc.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif