Jogja
Minggu, 22 Mei 2016 - 05:20 WIB

DANA BANTUAN PARPOL : Bantul Siapkan Rp 1,05 M

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Dana bantuan Parpol di Bantul disediakan sebanyak Rp1,05 miliar

Harianjogja.com, BANTUL– Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bantul, pada tahun anggaran 2016 menyiapkan dana sebesar Rp1,05 miliar untuk bantuan partai politik yang memiliki perwakilan di Dewan Perwakilan Raktyat Daerah (DPRD).

Advertisement

Kepala Kantor Kesbangpol Bantul, Sumasriyana mengatakan bantuan untuk partai politik di Bantul tahun ini sama dengan tahun lalu (2015). “Dananya sebesar Rp 1,05 miliar. Kemudian dana itu akan diberikan kepada sepuluh parpol yang memiliki wakil di DPRD Bantul,” katanya, Jumat (20/5/2016).

Menurut dia, bantuan dana tersebut akan diberikan kepada parpol sesuai dengan jumlah suara yang diperoleh pada saat pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014, besaran bantuan dihitung dari  jumlah suara yang diperoleh masing-masing parpol kemudian dikalikan Rp1.927. Sehingga parpol dengan suara terbanyak juga akan mendapat bantuan lebih besar.

“Bantuan nantinya diberikan ke pengurus partai yang sudah mendapat rekomendasi dari dewan pimpinan pusat dan daerah [setingkat provinsi], dan nantinya jika tidak ada rekomendasi, sesuai aturan bantuan tidak bisa diberikan,” paparnya.

Advertisement

Sumasriyana mengatakan, alokasi dana bantuan parpol tahun 2016 bersumber dari APBD Bantul. Hal tersebut juga sama dengan alokasi pada tahun 2015, meskipun pada realisasinya pada tahun lalu bantuan hanya dicairkan sekitar Rp 850 juta.

“Tahun lalu ada dua parpol yang tidak dapat mencairkan bantuan. Dua parpol tersebut yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang seharusnya menerima bantuan sebesar Rp 73,2 juta dan Partai Golongan Karya (Golkar) yang sebesar Rp 81,4 juta. Dua parpol ini tidak dapat mencairkan karena tidak ada rekomendasi dari pusat akibat waktu itu masih adanya dualisme kepemimpinan” tegas Suma.

Dengan demikian harapannya pada tahun ini dua partai politik tersebut segera dapat membenahi kepengurusan agar bisa mendapat bantuan parpol tahun ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif