Jogja
Sabtu, 21 Mei 2016 - 10:20 WIB

PENGISIAN WAGUB DIY : Dilantik Minggu Depan oleh Presiden ?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur DIY yang menunggu proses pelantikan KGPAA Paku Alam X ketika mengikuti Sensus Ekonomi 2016 di Bangsal Parangkarso, Kompleks Pura Pakualaman, Jogja, Minggu (1/5/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Pengisian Wagub DIY hampir pasti dilantik pekan depan

Harianjogja.com, JOGJA — Pelantikan Wakil GUbernur DIY hampir pasti dilakukan Rabu (25/5/2016) mendatang. DPRD dan Pemda DIY pun sudah melakukan berbagai persiapan meskipun jadwal itu masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD DIY Dharma Setiawan Jumat (20/5/2016) mengatakan  pihaknya sudah mendapatkan informasi terbaru dari Sekretariat Negara dan Kementerian Dalam Negeri terkait tanggal pelantikan KGPAA Paku Alam X sebagai Wagub DIY. Kemungkinan besar PA X akan dilantik di Istana Negara Jakarta oleh Presiden Joko Widodo pekan depan.

“Pelantikannya akan dibarengkan dengan pelantikan kepala daerah empat provinsi lain, seperti Kepri (Kepulauan Riau), Sumut (Sumatera Utara), Kalteng (kalimantan Tengah) dan Sulut (Sulawesi Utara),” kata Dharma.

Politisi partai Gerindra itu menuturkan sejauh ini belum ada detail mengenai jam pelaksanaan pelantikan. Selain itu belum ada pula kepastian apakah seluruh anggota DPRD DIY diundang dan diperkenankan menghadiri proses pelantikan.

Advertisement

Namun Dharma menyatakan DPRD DIY sudah mengajukan permohonan resmi agar seluruh anggota dewan di DPRD DIY bisa ikut datang ke Jakarta saat pelantikan nanti. Dalam usulan itu DPRD DIY juga mengajukan alternatif tambahan ruangan di lingkungan Istana dengan bantuan layar monitor bila ruang utama tempat pelantikan tak mampu memuat seluruh undangan. Meskipun demikian sampai sekarang belum ada tanggapan terkait usulan tersebut.

“itu masih akan dirapatkan oleh Setneg, belum ada info juga di gedung mana lokasi pelantikan nanti akan dilakukan,” imbuh dia.

Walaupun belum ada kepastian jadwal pelantikan, baik DPRD DIY maupun Pemda DIY tak mau buang waktu untuk melakukan persiapan. Dharma mengatakan rencananya, Senin depan akan ada koordinasi teknis persiapan pelantikan Kepala Daerah dari lima provinsi.

Advertisement

“Setelah itu entah Senin sore atau Selasa pagi seluruh Sekretaris Dewan dan Sekretaris Daerah dari kelima provinsi akan diundang rapat teknis,” ujar Dharma.

Sekretaris DPRD DIY Drajad Ruswandono menambahkan untuk undangan pihaknya sudah membuat daftar undangan yang akan diajukan kepada Setneg. Sosok yang diundang selain Gubernur dan seluruh anggota dewan juga perwakilan Kasultanan Ngayogyakarta, Kadipaten Pakualaman serta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda).

“Tapi nanti sana (Setneg) yang menentukan, kami hanya ngelist saja,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif