Jogja
Sabtu, 21 Mei 2016 - 21:20 WIB

KREDIT USAHA RAKYAT : Di DIY, KUR Dilayani di 4 Bank

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah (JIBI/Bisnis)

Kredit usaha rakyat di DIY dilayani di 4 bank

Harianjogja.com, SLEMAN- Program kredit usaha rakyat (KUR) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilayani di empat bank.

Advertisement

Kepala Bidang Riset dan Penelitian OJK DIY Asteria Diantika menyebutkan empat bank tersebut yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BPD. “Sementara untuk tingkat BPR dan koperasi masih belum ada,” katanya, saat diskusi Forum Wartawan Ekonomi-Bisnis Jogja, Jumat (20/4/2016) di Restoran Pringsewu.

Ia mengakui, ada kendala dalam penyaluran KUR seperti kewajiban memberikan agunan bagi pengakses KUR. Bank menganggap agunan tambahan sebagai pengikatan. Sedangkan calon debitur menganggap KUR sudah dijamin.

Untuk menyelesaikan persoalan penyaluran KUR di lapangan, katanya, saat ini dilakukan kajian untuk menyusun kriteria bank pemberi KUR tanpa mengabaikan kemampuan perusahaan penjamin.

Advertisement

Pengamat sosial ekonomi UGM Hempri Suyatna mengusulkan agar pemerintah melakukann revitalisasi program KUR. Salah satunya dengan menghapus kewajiban proses BI checking untuk pengajuan KUR dengan plafon di bawah Rp5 juta bagi UKM.

Hempri juga meminta pemerintah menyalurkan dana KUR dengan berbagai lembaga keuangan di luar perbankan. Seperti memanfaatkan koperasi, BumDes LKM, atau perusahaan pembiayaan.

“Berdasarkan catatan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BapepamLK), jumlah perusahaan pembiayaan yang terdaftar hingga Agustus 2009 sebanyak 203 perusahaan. Sementara jumlah cabang mencapai puluhan ribu yang tersebar hingga ke pelosok daerah,” kata Hempri.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kredit Modal Modal Usaha
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif