Soloraya
Sabtu, 21 Mei 2016 - 17:30 WIB

DANA DESA WONOGIRI : Puluhan Desa Belum Serap ADD

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi dana pinjaman (JIBI/Solopos/Dok.)

Dana desa Wonogiri, sebanyak 77 desa di Wonogiri belum terima dana desa.

Solopos.com, WONOGIRI–Dana desa tahap I yang bersumber dari APBN untuk desa di Wonogiri senilai Rp93 miliar sudah ditransfer ke kas daerah sejak 19 April lalu. Dana desa tersebut belum terserap sepenuhnya. Sebanyak 77 desa dari 251 desa di Wonogiri belum menerima dana desa.

Advertisement

Kasubag Administrasi dan Kekayaan Desa Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Ziqma Idatyafitha, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (20/5/2016), menyampaikan hingga Jumat tercatat ada 174 desa yang sudah menerima pencairan dana desa. Desa-desa tersebut sebelumnya mengajukan permohonan pencairan dengan menyertakan syarat-syarat baku. Syarat itu seperti Peraturan Desa (Perdes) APB Desa 2016, Peraturan Kepala Desa (Perkades) Penjabaran APB Desa 2016, dan Perdes Pertanggungjawaban Realisasi APB Desa 2015.

Syarat lainnya adalah Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kades, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD), Surat Pertanggungjawaban (SPj) setahun, dan syarat administrasi lainnya. Setelah itu Bagian Pemdes memverifikasi selanjutnya mengirim ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) untuk proses pencairan.

“Dari 77 desa yang belum menerima dana desa ada 26 desa yang sudah mengajukan permohonan. Sekarang masih proses pencairan. Sedangkan 51 desa lainnya sama sekali belum mengajukan permohonan pencairan,” kata perempuan yang akrab disapa Fitha itu.

Advertisement

Dia melanjutkan selain itu masih banyak pula desa yang belum alokasi dana desa (ADD). Ada desa yang tinggal menunggu pencairan dan ada pula yang belum mengajukan permohonan pencairan. Hingga Jumat dari 251 desa tercatat ada 187 desa yang sudah menerima ADD. Berarti terdapat 64 desa yang belum menerima ADD. Dari jumlah itu 25 desa di antaranya hanya tinggal menunggu pencairan. Sedangkan desa lainnya belum mengajukan pencairan.

“Kami selalu mendorong agar desa yang belum mengajukan pencairan segera mengajukan. Sering kali kami menelepon pihak desa. Pada saatnya nanti kami akan mengirim feedback ke desa-desa memberitahukan desa mana saja yang belum mengajukan pencairan. Diharapkan sebelum ada feedback serapan dana desa dan ADD sudah 100 persen,” ucap dia.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Sriyono, sebelumnya menjelaskan dana desa tahap I yang ditransfer ke kas daerah 60 persen dari total dana desa yang diaolokasikan untuk Wonogiri senilai Rp155 miliar. Dia mendorong agar desa yang belum mengajukan pencairan segera mengajukan, agar dana desa bisa cepat cair ke desa untuk membiayai kegiatan infrastruktur desa. Setiap desa tahun ini diperkirakan akan menerima dana desa Rp500 juta-Rp700 juta. Adapun alokasi ADD untuk seluruh desa di Wonogiri senilai Rp119 miliar.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif