Jogja
Sabtu, 21 Mei 2016 - 09:20 WIB

CAMPURSARI GUNUNGKIDUL : Rekor Muri 90 Jam Nonstop Dimulai Malam Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Campursari Gunungkidul diadakan di Alun-alun Wonosari

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemecahan rekor muri pentas musik campursari di Alun-Alun Wonosari akan dimulai malam ini pukul 21.00 WIB hingga empat hari ke depan. Kegiatan itu hanya berhenti saat memasuki waktu shalat dengan jeda waktu 15 menit.

Advertisement

Ketua Umum Pemecahan Rekor Muri, Cak Dikin mengaku optimistis, penyelanggaraan pentas seni campursari 90 jam nonstop berjalan lancar. Ia pun menyakini dengan durasi itu maka dapat memecahkan rekor nasional yang sebelumnya dipegang Kodam IV Diponegoro saat menggelar campursari selama 73 jam di Korem 074/Warastratama pada 2014 lalu.

Dia mengakui, pemecahan rekor lama (milik Kodam IV Diponegoro) bisa dipecahkan dengan menggelar selama 81 jam. Namun hal itu tidak dilakukan, karena pertimbangan waktu awal dan akhir pementasan. Cak Dikin tidak ingin ada perbedaan waktu itu, karena jika digelar 81 jam maka berakhirnya jatuh di pagi hari.

Dia bersama tim penyelenggara akhirnya memutuskan pentas dilakukan selama 90 jam. Rencananya pembukaan dimulai pukul 19.00 WIB, namun start penghitungan pemecahan rekor Muri baru dilakukan pada pukul 21.00 WIB.

Advertisement

“Sudah kami perhitungkan, sehingga awal dan akhirnya bisa sama waktunya. Untuk pembukaan akan menampilkan Sangga Buana dari Karangayar [Jawa Tengah] dan Tirta Arum dari Solo,” kata Cak Dikin kepada awak media, Jumat (20/5/2016).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif