Soloraya
Jumat, 20 Mei 2016 - 08:00 WIB

WISATA SRAGEN : Menikmati Pesona Pasang Surut Waduk Kedung Ombo

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemandangan Obyek Wisata Gunung Kemukus saat surut di musim kemarau, Sabtu (14/5/2016). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Wisata Sragen salah satu yang menjadi andalan adalah Waduk Kedung Ombo

Solopos.com, SOLO – Saat mendengar tentang Gunung Kemukus, kali pertama yang tersirat mungkin paradigma negatif tentang objek wisata ini. Padahal, keindahan alam sekitar destinasi tersebut cukup menarik untuk dijelajahi. Makam Pangeran Samudera sebagai objek wisata spiritual dan pesona Waduk Kedung Ombo yang istimewa.

Advertisement

Secara administratif, Objek Wisata Gunung Kemukus terletak di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang. Kawasan Gunung Kemukus merupakan sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Dengan dibangunnya Waduk Kedung Ombo membuat Makam Pangeran Samudera berada di atas bukit yang menjorok ke tengah waduk.

Saat musim penghujan dan pasokan air ke Waduk Kedung Ombo berlimpah, pengunjung yang datang dari Jalan Raya Solo-Purwodadi harus menumpang kapal untuk tiba di makam itu. Namun, saat musim kemarau dan debit air menyusut, pengunjung dapat menyeberang ke Gunung Kemukus lewat jalan dan jembatan yang membelah waduk. Jalan dan jembatan ini bakal terkubur air waduk dan tidak tampak pada musim penghujan.

Advertisement

Sabtu (14/5/2016), setelah mengunjungi Dung Grujug, solopos.com menyempatkan waktu untuk mampir sejenak ke objek wisata ini. Mendung yang sedari siang menggelayut wilayah Sragen Utara menggagalkan rencana untuk mengejar sunset di Gunung Kemukus.

Sebagai penawar, pemandangan deretan kapal yang tak beroperasi cukup membuat terkesan.

Embusan angin dari rimbunnya pepohonan menambah suasana asri dan sejuk di lereng Gunung Kemukus. Beberapa nelayan tampak mendayung perahu sambil mengecek tambak-tambak yang masih beroperasi.

Advertisement

Sejumlah pemuda juga tak melewatkan kesempatan ini untuk berfoto di sekitar dermaga Makam Pangeran Samudera. Dermaga yang dibangun di kedua sisi waduk itu berupa titian tangga beton berundak.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif