Teknologi
Jumat, 20 Mei 2016 - 00:30 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Nokia Pasti Bikin Ponsel Android

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nokia A1 (Phonesreview)

Smartphone terbaru Nokia berbasis Android akan segera meluncur.

Solopos.com, SOLO — Nokia akan kembali ke dunia smartphone yang membesarkan namanya. Dipastikan pula kalau kali ini, perusahaan yang berbasis di Finlandia itu bakal memakai sistem operasi Android.

Advertisement

Seperti diberitakan sebelumnya, Nokia memberikan lisensi mereknya pada perusahaan bernama HMD asal Finlandia. HMD ini yang akan bertanggung jawab untuk membuat dan mengedarkan ponsel dan tablet merek Nokia, bekerja sama dengan FIH Mobile Limited yang adalah anak perusahaan Foxconn.

“Portfolio smartphone terbaru dan tablet HMD akan merupakan produk Android, menyatukan salah satu merek ponsel ikonik dunia dengan sistem operasi dan komunitas pengembang aplikasi terkemuka,” tulis pernyataan Nokia, seperti dilansir Detik, Kamis (19/5/2016).

Dalam pernyataannya, ponsel dan tablet Nokia nanti akan memakai sistem operasi terpopuler saat ini, Android. Sebelumnya, Nokia memutuskan memakai Windows Phone yang berujung pada kegagalan dan membuat divisi ponselnya diakuisisi Microsoft.

Advertisement

Di tangan Microsoft, ponsel Nokia malah kian tenggelam hingga namanya tak dipakai lagi di jajaran smartphone keluaran Microsoft. Sekarang, Microsoft memutuskan melepas semuanya dengan menjual unit feature phone Nokia ke HMD dan FIH senilai US$350 juta atau Rp4,7 triliun.

Barangkali, pengalaman buruk dengan Windows Phone itu yang membuat Nokia berpaling ke Android. Walaupun jelas bukan hal yang mudah untuk sukses meski mereka punya nama besar, mengingat banyaknya vendor yang menggunakan Android saat ini.

Sebelumnya Nokia dirumorkan membikin smartphone terbaru Android C1. NokiaC1 kabarnya akan memakai layar 5 inci resolusi 1080p, RAM 2 GB dan prosesor dari Intel. Kemudian sistem operasi yang digunakan kemungkinan Android 6.0 Marshmallow.

Advertisement

Perangkat ini kemungkinan baru meluncur resmi pada pertengahan tahun 2016. Hal itu mengingat divisi ponsel Nokia yang telah diakuisisi Microsoft. Nokia disyaratkan tidak boleh membuat ponsel sendiri selama sekitar dua tahun sejak akuisisi 2014 lalu.

Nokia memang tak sepenuhnya membuat ponsel Android sendiri, tapi bermitra dengan rekanan pabrikan. Mereka akhirnya memutuskan untuk menggandeng perusahaan Taiwan, Foxconn. Kita tunggu saja comeback Nokia di bisnis smartphone terbaru tahun ini atau tahun depan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif